PEMANFAATAN DAUN KROKOT (PORTULACA OLERACEA L) MENJADI PRODUK SELAI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMISNYA

Authors

  • Claudia Angelina Poltekkes Kemenkes Palangka Raya
  • Lamia Diang Mahalia Poltekkes Kemenkes Palangka Raya
  • Teguh Supriyono Poltekkes Kemenkes Palangka Raya
  • Harlyanti Muthma'innah Mashar Poltekkes Kemenkes Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1806

Keywords:

Daun Krokot, Selai, Uji Organoleptik, Uji Daya Terima

Abstract

Latar Belakang : Krokot merupakan tanaman yang mengandung 93% air dan rasanya asam. Pengenalan krokot kepada masyarakat lebih efektif bila diterapkan dalam bentuk olahan pangan seperti selai. Tujuan: Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mutu organoleptik dan daya terima selai daun krokot. Metode penelitian: Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Palangka Raya dan dilaksanakan pada bulan Januari – Februari 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain Rancangan Acak Lengkap. Perlakuan penambahan daun krokot yaitu pada formula P₁ 30 g, P₂ 45 g dan P₃ 60 g. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk narasi dan diagram batang. Hasil dan Pembahasan: Hasil penilaian uji organoleptik didapat formula P₂ mayoritas memiliki aroma khas, formula P₃ mayoritas memiliki rasa manis, formula P₂ mayoritas memiliki tekstur lembut dan formula P₂ mayoritas berwarna hijau. Hasil uji daya terima menunjukkan bahwa mayoritas panelis menyukai aroma dan tekstur pada formula P3, rasa dan warna pada formula P2. Kesimpulan: Diketahui bahwa nilai tertinggi untuk aroma dan tekstur adalah formula P3 serta nilai tertinggi untuk rasa dan warna adalah formula P2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Fw, N., Widiantara, T., dan Zainal Arief, H. D. (2022). Pengaruh Penambahan Berbagai Sumber Asam Terhadap Karakteristik Selai Labu Kabocha (Cucurbita Maxima) (Doctoral Dissertation, Fakultas Teknik Unpas).

Arsyad, M., dan Abay, H. (2020). Karakterisasi kimia dan organoleptik selai dengan kombinasi buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) dan buah sirsak (Annona muricata). Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 8(3), 141-152.

Damopolii, N. S., Kaseger, B. E., Damongilala, L. J., Onibala, H., Pandey, E., dan Makapedua, D. M. (2021). Analisis Kimia Dan Uji Organoleptik Selai Rumput Laut (Eucheuma spinosum).

Dewi, B. S., Safe'i, R., Harianto, S. P., Bintoro, A., Winarno, G. D., Iswandaru, D., dan Santoso, T. (2017). Biodiversitas Flora dan Fauna Universitas Lampung.

Jariah, N. U., dan Rahayu, T. (2014). Uji Organoleptik Dan Daya Simpan Selai Krokot (Portulaca Oleracea) Dengan Pewarna Sari Buah Naga Merah Dan Penambahan Jahe Serta Gula Aren Dengan Konsentrasi Yang Berbeda (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mulyadi, A. F., Wijana, S., dan Fajrin, L. L. (2015). Pemanfaatan Nanas (Ananas comosus L.) Subgrade Sebagai Fruit Leather Nanas Guna Mendukung Pengembangan Agroindustri di Kediri: Kajian Penambahan Karaginan dan Sorbitol. Jurnal Agroteknologi, 9(02), 112-122.

Oktalis, E. D., Ismawati, R., Nur. C. A., dan Bahar. A (2020). Proporsi Sari Daun Kelor, Sari buah apel, dan suhu pengeringan terhadap kesukaan organoleptik selai lembaran. Universitas Negeri Surabaya.

Prisila, E., dan Efrina Efrina, R. (2020, January). Uji Daya Terima Terhadap Modifikasi Kue Semprong Dengan Penambahan Ekstrak Kopi Instan. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 2, pp. 16- 20).

Randa, A., Hermawati, H., dan Tang, M. (2021). Ekstraksi Pektin Dari Kulit Pisang Kepok (Musa Paradisiaca L) Dan Diaplikasikan Pada Selai Tomat (Solanum lycopersicum). Jurnal Saintis, 2(1), 34-41.

Rifai, N., dan Kusumaningtyas, R. D. (2022). Ekstraksi Asam Lemak Omega-3 Dari Daun Krokot (Portulaca Oleracea L.) Dengan Pelarut Alkohol Foodgrade Dan Enkapsulasi Menggunakan Metode. Inovasi Kimia, (1), 119- 139.

Rusanti, W. D., Rani, A. M., Sari, A. M., Sunardi, D., dan Yustinah, Y. (2019, December). Pelatihan Peningkatan Produk Makanan Dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Berbahan Dasar Aloevera Cileungsi Kidul, Bogor, Jawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj.

Downloads

Published

2023-11-18

How to Cite

Angelina, C., Mahalia, L. D., Supriyono, T., & Mashar, H. M. (2023). PEMANFAATAN DAUN KROKOT (PORTULACA OLERACEA L) MENJADI PRODUK SELAI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMISNYA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4722–4733. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1806