PENDIDIKAN KESEHATAN KONSUMSI TABLET ZAT BESIN (FE) PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS PULO BRAYAN

Authors

  • Ruby Novitiyanto Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Medan
  • Purwaningsih Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Medan
  • Astuti Rofida Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1775

Keywords:

Ibu Primigravida, Tablet Zat Besi

Abstract

Wanita hamil merupakan salah satu kelompok yang rentan masalah gizi terutama anemia gizi besi. Selama kehamilan terjadi peningkatan volume darah total, peningkatan sebagian besar terjadi pada volume plasma, sedangkan volume sel darah merah tidak sebanding dengan peningkatan volume plasma. Pendidikan kesehatan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet besi (Fe) secara patuh sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan sangat memerlukan dukungan dan pendidikan kesehatan. Bentuk dukungan pendidikan kesehatan terhadap ibu dalam mengkonsumsi tablet besi dapat berupa mengetahui, membantu dan menyaksikan ibu ketika mengkonsumsi tablet zat besi. Metodeologi : Desain pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan pendekatan asuhan keperawatan pada ibu primigravida. dalam penelitian ini dilakukan oleh dua orang pasien dengan memberikan Pendidikan Kesehatan terhadap ibu primigravida dalam mengkonsumsi zat besi (FE). Hasil : Hasil penelitian yang didapat pada klien sebelum dilakukan penelitian yaitu kurang pengetahuan tentang konsumsi tablet FE dan setelah dilakukan intervensi klien mengerti  mengenai Anemia pada ibu hamil, mengerti tentang Konsumsi tablet FE, klien mampu mengucapkan cara perawatan anemia pada ibu hamil, klien rajin menerapkan konsumsi tablet Fe. Kesimpulan : Setelah dilakukan implementasi antara kedua klien didapatkan hasil yang sama yaitu masalah kurang pengetahuan klien telah teratasi. Pengetahuan, kepatuhan ibu serta asupan Fe yang tepat dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu selama hamil. terutama meminimalisir angka kejadian anemia pada ibu hamil. Diharapkan pelayanan kesehatan lebih ditingkatkan kepada ibu hamil keluarga agar dapat membantu ibu untuk memenuhi nutrisi selama hamil dan membantu ibu mencukupi asupan nutrisi terutama Fe selama masa kehamilannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadi, E. L, 2019. Kematian maternal dan Neonatal di Indonesia . Tangerang : Rapat Kerja Kesehatan Nasional Kementrian Kesehatan RI. pp 3-5.

Anggraini, D. D., Purnomo, W., & Trijanto, B. (2018). Interaksi Ibu Hamil Dengan Tenaga Kesehatan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Besi (Fe) Dan Anemia Di Puskesmas Kota Wilayah Selatan Kota Kediri. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(2), 92–89.

Ani, Luh Seri, 2013,Buku Saku Anemia Defisiensi Besi, Jakarta : EGC.

Dinkes Sumut. 2017. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara 2017. Medan: Dinas Kesehatan Sumatera Utara

Fatkhiyah, Natiqotul. 2018. Faktor Risiko Kejadian Anemia pada Ibu Hamil (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Slawi Kab.Tegal). Indonesia Jurnal Kebidanan Vol.2 No.2 Hal:86-91.

Janiwarty, B dan Pieter.H.Z (2013).Pendidikan Psikologi Untuk Bidan-SuatuTeori dan Terapannya.Yogyakarta : Rapha Publishing.

Manuaba, I. B. (2010), Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, dan KB. Jakarta EGC

Rahmawati, A. (2020) Asuhan Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: PUSTAKA BARI PRESS

Rizki, Lipoeto, Ali. (2017). Hubungan Sumplementasi Tablet Fe dengan Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Air Dingin Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 6(3)

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2017). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

Wati, D. W., Febry, F. dan Rahmiwati, A. 2016. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Defisiensi Zat Besi Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Gandus Palembang,” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 7(1), hal. 42–47.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Novitiyanto, R., Purwaningsih, P., & Rofida, A. (2023). PENDIDIKAN KESEHATAN KONSUMSI TABLET ZAT BESIN (FE) PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI WILAYAH KERJA UPT. PUSKESMAS PULO BRAYAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4630–4643. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1775