PENGARUH MEDIA KARTU TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 122357 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Cinthya Roulina Sitohang Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Emelda Thesalonika Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1717

Keywords:

Learning Outcomes, Truth Or Dare Card Media.

Abstract

This research aims to find out whether the use of Truth or Dare Card Media has an influence on the learning outcomes of Class IV Students at SD Negeri 122357 Pematang Siantar on fractions. This research is a type of experimental research using a quantitative approach using One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study was all students in class IV-C of SD Negeri 122357 Pematang Siantar, totaling 25 people. Based on the results of hypothesis testing, tcount>ttable is 17,180 > 1,711 at a significance level of 0.05. This means that the hypothesis in this study can be accepted and it is stated that there is a positive and significant influence from the use of Truh Or Dare card media on the mathematics learning outcomes of fourth grade students at SD Negeru 122357 Pematang Siantar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambita. (2013). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Dan Pembinaan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai. Management Analysis Journal, 2(2), 1–6.

Arifin, S. (2016). Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuanalam (IPA) Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Mulyodadi Kecamatan Bambanglipuro. Skrispi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fkip Universitas Negeri Yogyakarta

Arviana,Azura. Syahrilfuddin, Z. A. (2020). Analisis Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kelas IVB SD Negeri 147 Pekanbaru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Pekanbaru, hal 28–34.

Hardianti. (2018). Pengembangan Media Permainan Truth And Dare Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas X Sma Negeri 12 Makassar. Skrispi tidak diterbitkan. Makassar: UIN Alauddin Makassar

Hayatillah, M. (2021). Penerapan Media Permainan Truth And Dare Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Mtsn 4 Pidie. Skrispi Tidak Diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Iklima, A. (2019). Pengaruh Media Permainan Truth Or Dare Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Mis Al-Washliyah Sei Mencirim. Skrispi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mimmah, M. Nasir, M. & Syahril. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Sains IPA Fisika Siswa Dengan Menerapkan Media Permainan Truth And Dare. E-Journal Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol 2(2): hal 1–11.

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol 2(1): hal 470–477.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembeljaran(1 Ed.). Yogyakarta: Pedagogia.

Sijabat, D., & Pasaribu, E. (2022). Hubungan Kecemasan Berkomunikasi Dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,Vol6(2): hal 2342–2351.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Thesalonika, E. & Arent, E. (2021). Pengaruh Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional, Vol 1 (1).

Thesalonika et al. (2022) .Pengaruh Media Video Animasi pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122380 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 4 (6): hal 5146-5152

Thesalonika et al. (2021). Pengaruh Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Journal Of Innovation Research And Knowledge, Vol 1(2): hal 137–146.

Rahayu, R. Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Quality Analysis Of Pre National Examination Questions In Economic-Accounting Subject. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol 16(1): hal 85–94.

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Sitohang, C. R., Thesalonika, E., & Sijabat, D. (2023). PENGARUH MEDIA KARTU TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 122357 PEMATANG SIANTAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4530–4537. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1717