PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PEMENUHAN KEBUTUHAN CAIRAN PADA PASIEN DHF DI RUMAH SAKIT TK II PUTRI HIJAU MEDAN

Authors

  • Isma Chairani Sitepu Akper Kesdam I/BB Medan
  • Nina Olivia Akper Kesdam I/BB Medan
  • Virginia Syafrinanda Akper Kesdam I/BB Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1702

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Pemenuhan Kebutuhan Cairan, DHF

Abstract

Demam berdarah dengue (DHF) adalah merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh virus dengue yang dapat juga dialami oleh pasien dewasa. Pada fase demam dan kritis pasien dapat mengalami gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit yang diakibatkan oleh hipertermi atau kebocoran plasma, defisit pengetahuan dapat memperburuk kondisi ini, sehingga pasien membutuhkan pendidikan kesehatan tentang pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit. Tujuan : Penelitian bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan pada pasien DHF yang mengalami defisit pengetahuan tentang gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit Metodologi : Metodologi penelitian bersifat deskriptif dengan rangcangan studi kasus asuhan keperawatan dimulai dari pengkajian, Intervensi keperawatan, Implementasi keperawatan, dan Evaluasi keperawatan pada dua orang pasien DHF dengan diagnosa keperawatan defisit pengetahuan selama 3X24 jam. Intervensi keperawatan merujuk pada SIKI (2018) tentang defisit pengetahuan berkaitan dengan pemenuhan keseimbangan cairan dan elektrolit. Hasil : Hasil penelitian didapatkan dari kedua responden yang mengalami masalah defisit kurang pengetahuan sebelum pemberian pendidikan kesehatan 40%dan 50 % meningkat menjadi 80% dan 70%, dan pemenuhan keseimbangan cairan dan elektrolit terpenuhi, hal ini dapat di monitor dari data trombosit meningkat normal pada hari ketiga perawatan, intake dan output seimbang, turgor kulit normal < 2 detik, suhu tubuh dan berat badan normal. Kesimpulan : Pendidikan kesehatan pada pasien DHF yang mengalami defisit kurang pengetahuan tentang pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit efektif diberikan terutama pada fase demam dan kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrizal Amir, F. D. (2021). Dengue Haemorrhagic Fever : Sebuah Laporan Kasus. Collaborative Medical Journal (CMJ), 16-20.

Andra Saferi Wijaya, Y. M. (2013). Keperawatan Medikal Bedah. Yogyakarta: Nuha Medika.

Dhanang Puspita, K. P. (2018). Dukungan Perawat Dan Keluarga Dalam Pemberian Asupan Nutrisi Cairan Pada Pasien Penderita Demam Berdarah Di Rumah SAKIT Paru DR. Ario Wirawan, Salatiga. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 39-47.

Marni. (2016). Asuhan Keperawatan Anak Pada Penyakit Tropis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mei Lestari, H. K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Masyarakat Terhadap Pengetahuan Tentang Penanganan Demam Berdarah Dengue. Indonesian Health Science Journal , 2-6.

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pakpahan, P. T. (2022). Asuhan Keperawatan Pemenuhan Kebutuhan Cairan Pada Pasien Dengue Haemorrhagic Fever Di Rumah Sakit Tk IIDengue Haemorrhagic Fever Di Rumah Sakit Tk II Putri Hijau Medan. Jurnal Kesehatan dan Fisioterapi (Jurnal KeFis), 67-74.

Perangin-Angin, S. b. (2018). Hubungan Faktor Pengetahuan Dan Perilaku Terhadap Lingkungan Dalam Rangka Pencegahan DBD Pada Keluarga Siswa Di SMA Negeri 1 Berastagi Kabupaten Karo Tahun 2017. Jurnal Ilmiah PANNMED, 254-262.

Puspita, D., Nugroho, K. P. A., & Sari, N. K. K. (2018). Dukungan Perawat Dan Keluarga Dalam Pemberian Asupan Nutrisi Cairan Pada Pasien Penderita Demam Berdarah Di Rumah Sakit Paru Dr. Ario Wirawan, Salatiga. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 39–47. https://doi.org/10.34035/jk.v9i1.25

Putra, A. E. (2013). Manajemen Cairan dan Elektrolit. Yogyakarta: Nuha Medika.

Risma Astuti, T. S. (2018). Perilaku Kesehatan Dalam Pencegahan Dengue Haemorrhagic Fever (DHF) . JIM FKep, 74-79.

SIKI PPNI, (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indoneisa. Jakarta. Dewan Pengurus Pusat.

SIDI PPNI, (2018). Standar Diagnosa Keperawatan Indoneisa. Jakarta. Dewan Pengurus Pusat.

SLKI PPNI (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indoneisa. Jakarta. Dewan Pengurus Pusat.

Warsini, L. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang DHF Menggunakan Metode Audio Visual Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak. Jurnal Kesehatan Holistic, 44-54.

Widoyono. (2011). Penyakit Tropis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Winta Oktavia Berutu, S. (2022). Hubungan Sanitasi Lingkungan Rumah Tinggal Dengan Kejadian Demam Berdarah. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1077-1082.

Downloads

Published

2023-11-12

How to Cite

Sitepu, I. C., Olivia, N., & Syafrinanda, V. (2023). PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PEMENUHAN KEBUTUHAN CAIRAN PADA PASIEN DHF DI RUMAH SAKIT TK II PUTRI HIJAU MEDAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4565–4570. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i11.1702