PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SD NEGERI 095556 SINAKSAK
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 1 organ gerak hewan kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 095556 Sinaksak. Pada penelitian ini terdapat 2 hipotesis yakni terdiri atas: (H_a) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 1 organ gerak hewan kelas V SD Negeri 095556 Sinaksak. (H_0) Tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada tematik subtema 1 organ gerak hewan kelas V SD Negeri 095556 Sinaksak. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen dengan jenis penelitrian pre-experimental design serta dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 9 murid laki-laki dan 16 murid Perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi serta tes. Data diolah menggunakan Teknik analisis statistik. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa t_hitung=11,8 dan t_tabel= 1,711 sehingga dapat disimpulkan bahwa t_hitung>t_tabel sehingga ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 1 organ gerak hewan kelas V SD Negeri 095556 Sinaksak.. Artinya H_0 ditolak dan H_a diterima.
Downloads
References
Arends, R., (2008), Learning To Teach, Penerbit Pustaka Belajar: Yogyakarta.
Savery, J, R., (2006), Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions, Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, Purdue University, 1(1): 9-20.
Sungur, S., Tekkaya, C., Geban, O., (2006), Improving achievement through problem-based learning, Journal Biology Education, Middle East Technical University Turkey, 40(4): 155-160.
Trianto, (2016), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Wood, D., F., (2007), ABC Of Learning and Teaching Medicine: Problem Based Learning, Biology Medicine Journal, 326(1): 328-330.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.