ANALISA PERKERASAN JALAN FLEXIBEL PAVEMENT DENGAN METODE CEMENT TREATED BASE (CTB) MIX INSITU (STUDI KASUS: JALAN SUMMARECON BOGOR

Authors

  • Indra Setiawan Hartopo Universitas Mpu Tantular
  • Edison Hatoguan Manurung Universitas Indonesia Maju
  • Alip Prajoko Universitas Indonesia Maju

Keywords:

Jalan, CTB, Kadar Air Optimum

Abstract

Berdasarkan Bina Marga 2013, dengan penajaman desain terhadap umur rencana dan faktor kerusakan, maka perkerasan harus didesain dengan menggunakan desain 3 yaitu menggunakan struktur perkerasan AC-WC dan Cement Treated Base (CTB). Sedangkan penajaman untuk tanah lunak (CBR ≤ 6%), penanganan berupa penggunaan lapis penopang (capping layer) setebal 300 mm. Setelah dilakukan koreksi terhadap temperatur maka total tebal lapis beraspal dikali dengan faktor sebesar 0,91. Penajaman desain memperlihatkan bahwa desain tebal perkerasan berubah dari 655 mm menjadi 1110 mm, suatu indikasi tebal perkerasan semakin kuat. pengujian nilai kuat tekan CTB (Cement Treated Base) dari sampel masing – masing 2 dengan rata – rata kuat tekan 2% yaitu 36,53 kg/cm, 4% yaitu 60,89 kg/cm, 5% yaitu 80,03 kg/cm, 6% yaitu 92,20 kg/cm dan 8% yaitu 109,6 kg/cm dapat disimpulkan bahwa nilai kuat tekan CTB (Cement Treated Base) yang paling besar di kadar air 8% yaitu 109,6. kadar air optimum dengan rata – rata water content 2% yaitu 5,26, 4% yaitu 5,358, 5% yaitu 5,714, 6% yaitu 5,58 dan 8% yaitu 6,168 maka nilai kadar air optimum tertinggi di kadar air 8% yaitu 6,168

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatkhusani, “Perbandingan Efisiensi Harga Perkerasan Lentur Dan Kaku Dengan Metode Bina Marga” (Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnastek/Article/View/3552/2656, Diakses Pada 08 Mei 2023)

Silvia Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya, (Nova, Bandung: 1994),

Sukirman, Silvia, Nova, 1992, Perkerasan Lentur Jalan Raya, Bandung.

I Gusti Agung Ayu Istri Lestari, “Perbandingan Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur” Ganec Swara, Vol. 7 No. 1 Maret 2013

Rio Lukman dan Suhendra, “ Pengaruh Variasi Gradasi pada Agregat terhadap Nilai Kuat Tekan Cement Treated Base (CTB)” Jurnal Talenta Sipil, Vol. 1 No. 2 Agustus 2018,

Hary Cristiady Hardiyatmo, Perancangan perkerasan jalan dan penyelidikan tanah, (Gadja Mada University Press, Yogyakarta 2019),

Herman Dan Jon Edwar, “Pengaruh Variasi Semen Terhadap Nilai Cbr Base Perkerasan Lentur Tipe Cement Treated Base (Ctb)”. Jurnal Rekayasa Sipil, Volume 10 No. 2, Oktober 2014, Hal. 41

Fani Oktavian Lonteng Oscar H. Kaseke, Mecky R.E. Manoppo, Steve Ch. N. Palenewen, “Kajian Pengaruh Fluktuasi Gradasi Terhadap Penggunaan Kadar Semen Pada Campuran Cement Treated Base (Ctb)”. Jurnal Sipil Statik, Vol.7 No.5 Mei 2019

Lonteng, F. O., Kaseke, O. H., Manoppo, M. R., & Palenewen, S. C. N. (2019). Kajian Pengaruh Fluktuasi Gradasi Terhadap Penggunaan Kadar Semen Pada Campuran Cement Treated Base (CTB). JURNAL SIPIL STATIK, 7(5).

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Hartopo, I. S., Manurung, E. H., & Prajoko, A. (2023). ANALISA PERKERASAN JALAN FLEXIBEL PAVEMENT DENGAN METODE CEMENT TREATED BASE (CTB) MIX INSITU (STUDI KASUS: JALAN SUMMARECON BOGOR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4149–4155. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/1654