PENDIDIKAN KESEHATAN KELUARGA TENTANG POLA MAKAN PADA KELUARGA DENGAN MASALAH KESEHATAN GASTRITIS DI WILAYAH UPT PUSKESMAS PULO BRAYAN

Authors

  • Siti Rohania Tanjung Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Medan
  • Evamona Sinuraya Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Medan
  • Suharto Akademi Keperawatan Kesdam I/BB Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1560

Keywords:

Gasritis, Keperawatan Keluarga, Pola Makan

Abstract

latar belakang: Lambung merupakan serangan awal mula terjadinya berbagai macam penyakit. Gastritis merupakan inflamasi dari lapisan mukosa dan submukosa gaster atau lambung, keluhan lain nya adalah mual, muntah, kembung, rasa penuh atau terbakar di perut bagian atas. Kurang pengetahuan keluarga tentang mengenal gastritis pada keluarga khususnya pola makan pada keluarga. (Sukarmin, 2018) Tujuan: Penelitian ini memberikan pendidikan kesehatan tentang pola makan pada keluarga dengan masalah kesehatan gastritis. Metodologi: Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan asuhan keperawatan keluarga penelitian ini dilakukan pada dua anggota keluarga yang memiliki masalah pada sistem pencernaan dengan pola makan pada gastritis. Hasil dan Pembahasan: Intervensi dan pelaksanaan tindakan keperawatan yang dilakukan pada keluarga I dan II adalah memberikan pendidikan kesehatan tentang pola makan pada keluarga dengan masalah kesehatan gastritis. Evaluasi yang dilakukan terhadap dua keluarga bahwa keluarga mengerti dan melaksanakan pola makan yang teratur dan menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung. Kesimpulkan: Bahwa penelitian ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. pada kasus I dan II tentang pola makan pada keluarga dengan masalah kesehatan gastritis yang dialami pada kedua keluarga dapat teratasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, K. A., dkk. (2021). Hubungan Pola Makan Dan Stres Dengan Kejadian Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibn Khaldun. Scientific Periodical of Public Health and Coastal Health.Vol.3 No. 2.

Ausrianti, R., & Nurleni, N. (2019). Hubungan Pola Makan Dan Faktor Stress Dengan Kejadian Gastritis Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Dr. M Jamil Padang Tahun 2018. MENARA Ilmu, XIII(4), 105-112.

Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Sudarth. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Dewantoro, A., 2019. Hubungan Pola Makan Dan Pemakain Obat Anti Inflamasi Dengan Kejadian Gastritis Di Puskesmas Tanjung Pinang Kota Jambi Tahun 2016 Jurnal Farmacia Pendahuluan Masalah Kesehatan Masyarakat Khususnya Negara Berkembang Termasuk Indonesia Sangat Beragam Dan Ha. Vol. 1 No. 2, 1-6.

Diyono. 2016. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: Penanda Media Goup.

Dwi Meilani A, Ratna. 2016. Pengetahuan Pasien Tentang Pencegahan Kekambuhan Gastritis. Jurnal AKP Vol. 7 No. 1, 23-29.

Doengoes, Marilyn E. dkk. (2006). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jakarta Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Smeltzer, Suzanne C, ,Brenda G. Bare. (2001).

Effendy.(2015). Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Edisi 2. Jakarta EGC.

Eka Novitiyanti. (2020). Identifikasi Kejadian Gastritis Pada Siswa Smu Muhammadyah 3 Masaran. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan 10(1): 18-22.

Gusti, Salvaria. (2017) Asuhan Keperawatan Keluarga Jakarta: Cv Trans Info Media.

Gustin, K. Rahma., (2018). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Gastritis Pada Pasien Yang Berobat Jalan Di Puskesmas Gulai Bancah Kota. Bukittinggi Tahun 2019.

Handayani, S. D., Kosasih., C. E., Priambodo., A. P., Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kekambuhan Pasien Gastritis Di Puskesmas Jatinangor. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran.

Hartati, S. Utomo., W. Jumaini., (2014). Hubungan Pola Makan Dengan Resiko Gastritis Pada Mahasiswa Yang Menjalani Sistem KBK. Program Studi Ilmu Keperawatan. Vol. 1 No. 2.

Mawey dkk, 2018. Edukasi Pencegahan Dan Penanganan Gastritis Pada Siswa Polda Sumatra Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Mappagerang, Rostiani, and Hasnah. 2017. Hubungan Tingkat Stres Dan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Diruang Rawat Inap RSUD Nene Mallomo Kabupaten Sidrap. Jikp Ilmiah Kesehatan Pencerah Vol. 6 No. 1, 59-64.

Merita, et al, 2016. Hubungan Tingkat Stress Dan Pola Konsumsi Dengan Kejadian Gastritis Di Puskesmas Pakuan Baru Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Vol. 5 No. 1, 51-58.

Mustakim., Rimbawati, Y. Wulandari, R. (2022). Edukasi Pencegahan Dan Penanganan Gastritis Pada Siswa Polda Sumatra Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Nies.,& Ewen (2019). Keperawatan Kesehatan Komunitas dan Keluarga. Singapore: Elsevier Singapore Pte Ltd.

Okviani, W. (2011); Pola Makan Gastritis. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada.

Pastor, Naisha Z, M. 2019a. Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Gastritis Pada Remaja Kelas X Di Ma Walisongo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun 2019, Vol. 23 No. 3 :2019..

Putri, R. S. M ., Agustin., H. Wulansari., Hubungan Pola Makan Dengan Timbulnya Gastritis Pada Pasien Di Universitas Muhammadiyah Malang Medical Center (UMC). Jurnal Keperawatan. Vol. 1 No. 2.

Profil UPT Puskesmas Pulo Brayan tahun 2022

Rafani, 2020. Edukasi Pencegahan Dan Penanganan Gastritis Pada Siswa Polda Sumatra Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Rukmana, L. N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kekambuhan Gastritis Di SMA N I Ngaglik (Doctoral dissertation, Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Shalahuddin, I. Rosidin., U. (2018). Hubungan Pola Makan Dengan Gastritis Pada Remaja Di Sekolah Menengah Kejuruan YBKP3 Garut. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada. Vol. 18 No. 1.

Sartika, I. Rositasari., S. Bintoro., W. (2020). Hubungan Pola Makan Dan Stres Dengan Kejadian Gastritis Di Puskesmas Pajang Surakarta. Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta. Vol. 13 No. 2.

Sunarmi, 2018. Faktor-Faktor Yang Berisiko Dengan Kejadian Penyakit Gastritis Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Myhammadiyah Palembang Tahun 2018, Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan Vol. 8 No. 1, :61-75.

Suharto., Khairani, A.I & Dkk. (2022). Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Studi Kasus. Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan.

Sukarmin, 2018. Edukasi Pencegahan Dan Penanganan Gastritis Pada Siswa Polda Sumatra Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Suwardi, 2019. Edukasi Pencegahan Dan Penanganan Gastritis Pada Siswa Polda Sumatra Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Siregar, P.A (2020). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Medan: UINSU Press.

Tussakinah, W. M., dan Burham, I, R. (2018). Hubungan Pola Makan Dan Tingkat Stres Terhadap Kekambuhan Gastritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Tarok Kota Payakumbuh Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Andalas . Vol. 7 No. 2, 217

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Tanjung, S. R., Sinuraya, E., & Suharto, S. (2023). PENDIDIKAN KESEHATAN KELUARGA TENTANG POLA MAKAN PADA KELUARGA DENGAN MASALAH KESEHATAN GASTRITIS DI WILAYAH UPT PUSKESMAS PULO BRAYAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), 3907–3919. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1560