PENERAPAN STRATEGI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MIPA (MATEMATIKA DAN IPA) MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERASOSIASI PAKEM (AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) DI SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • I Gede Antika SMP Negeri 1 KutaSelatan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1559

Keywords:

Lesson Study, Pakem, Kemampuan Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 1 Kuta Selatan dalam melaksanakan pembelajaran berasosiasi Pakem (aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) melalui kegiatan Lesson Study. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan rancangan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/penilaian dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru-guru SMP Negeri 1 Kuta Selatan sebanyak 12 orang. Data kemampuan guru dikumpulkan dengan menggunakan format penilaian pelaksanaan pembelajaran, dan dianalisis dengan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah rata-rata Kemampuan Guru MIPA (Matematika dan IPA) Melaksanakan pembelajaran berasosiasi Pakem (aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) dan keterlaksanaan Strategi Lesson Study mencapai 76,00 atau berada pada kategori B (baik) dan ketuntasan 85,00%. Hasil penelitian: (1) dengan strategi Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan Guru MIPA (Matematika dan IPA) melaksanakan pembelajaran berasosiasi Pakem (aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) dengan rata-rata 72,02 pada Pra Siklus, 74,80 pada Siklus I, dan 76,39 pada Siklus II; (2) dengan strategi Lesson Study dapat meningkatkan ketuntasan jumlah guru dalam melaksanakan pembelajaran berasosiasi Pakem (aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) dari dengan pencapaian 5 orang (41,67%) pada Pra Siklus, 8 orang (66,67%) pada Siklus I, dan 12 orang (100%) pada Siklus II. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan dan ketuntasan guru melaksanakan pembelajaran berasosiasi Pakem (aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) pada guru-guru SMP Negeri 1 Kuta Selatan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Implikasi dari penelitian ini adalah kepada kepala sekolah yang mengadakan Penelitian Tindakan Sekolah akademik  di sekolah dapat menggunakan Strategi Lesson Study sebagai cara yang bisa dilakukan dalam membina guru secara akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Krisnawati. 2012. Evaluasi Kegiatan Lesson Study Dalam Program SISTTEMS Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Yogyakarta. Program Pasca sarjana, universitas Negeri Yogyakarta

Akhmad Sudrajat. 2012. Konsep PAKEM.

Budi Adnyana & Desak Made Candrawati. 2012. Lesson Study, Apa, Mengapa dan Bagaimana. Singaraja: Undiksha

Budi Adnyana Putu. 2012. Mendesain Pembelajaran Berorientasi PAKEM. Singaraja: Undiksha

Indrawati & Wanwan Setiawan. 2012. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Krisnawan SR. 2012. Penerapan Metode Lesson Study Dalam Pembentukan Pendidikan Yang Berkarakter. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Rochiati Wiriaatmadja. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Santyasa I Wayan. 2012. Implementasi Lesson Study Dalam Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha

-------- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007

---------http://akhmadsudrajat.wordpress.com/?s

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Antika, I. G. (2023). PENERAPAN STRATEGI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MIPA (MATEMATIKA DAN IPA) MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN BERASOSIASI PAKEM (AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) DI SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), 3882–3895. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1559