PENERAPAN MEDIA AJAR “RODA PUTAR” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP PGRI LERO HA’E HEBING

Authors

  • Silvestra Novita Dua Nua IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Robertus Adi Sarjono Owon IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Bertolomeus Djawa Bhaga IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1509

Keywords:

Media Ajar, Roda Putar, Hasil Belajar, Teks Prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar materi teks prosedur pada siswa kelas VII Semester I SMP PGRI Lero Ha’e Hebing dengan menggunakan media roda putar.        Roda Putar adalah: suatu alat yang berbentuk bundar yang bisa bergerak dan dapat berputar-putar atau berkeliling yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI Lero Ha'e Hebing. SMP ini terletak di Desa Hebing, Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka. Peneliti melakukan penelitian di kelas VII Semester 1, karena di kelas ini mendapatkan materi tentang teks prosedur. Dan juga karena memang sebelumnya kegiatan pembelajaran di kelas tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga peneliti mencoba mengaplikasikan media ini. Penelitian ini dilakukan pada tangal 10 Februari-10 Maret 2023. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VII semester I, SMP PGRI LERO HA'E yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 siswa perumpuan dan 14 siswa laki-laki. Berdasarkan data hasil yang dilakukan di kelas VII B SMP PGRI LERO HA'E, dengan menggunakan media "roda putar", dapat disimpulkan pada siklus I, nilai tertinggi 90 dan terrendah 60 dengan perincian 15 orang siswa memperoleh nilai tuntas, sedangkan 10 siswa nilainya belum tuntas, presentase ketuntasan dikelas ini 60%, dan belum mencapai presentase ketuntasan yang seharusnya 100%, Pada siklus I, nilai sikap yaitu keaktifan, kerjasama, dan ketelitian mencapai 72%. Sebanyak 18 siswa yang nilainya mencapai target, yaitu KKM 75 dan sebanyak 7 siswa nilainya belum mencapai KKM (28%), Ini berarti hasil belajar peserta didik belum mencapai target ketuntasan yang presentase ketuntasannya harus mencapai 100% maka dilanjutkan penelitisan pada siklus II.

              Pada siklus II, nilai tertinggi 100 dan nilai terrendah 80 dengan perincian 25 orang atau seluruh siswa memperoleh nilai tuntas. Ketuntasan nilai siswa pada siklus II ini mencapai 100%. Pada siklus II, nilai sikap yaitu keaktifan, kerjasama, dan ketelitian mencapai 100%. Sebanyak 25 siswa yang nilainya mencapai target, yaitu KKM 75. Ini berarti hasil belajar peserta didik di kelas VII B sudah mencapai target, maka penelitian diberhentikan pada siklus II.

      Hal ini menjadi bukti bahwa penggunaan media pembelajaran "roda putar" dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selama peneliti menerapkan media ini dalam proses pembelajaran di kelas, nilai siswa mengalami peningkatan drastis dan mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Depok: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2006. Undang-undang RI No.20 tahun 3003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful bahri dan Zain, Azwan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Harsiati, Titik, dkk. 2017. Buku Guru: Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Listari, Fatria Fita. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Penelitian Pendidikan Baahasa Indonesia. Volume 2. Nomor 1.

Masnawati. 2019. Penerapan Media Kantong Keroppi Bergambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas VIII MTs Muhammadiyah Wuring. Skripsi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Maumere. IKIP Muhammadiyah Maumere.

Oktaviani, Selfi. 2019. Penerapan Media Ajar Kotak Buah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Teks Deskripsi Bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Waipare. Skripsi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Maumere. IKIP Muhammadiyah Maumere.

Rusmono. 2017. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Susanto, Ah

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Nua, S. N. D., Owon, R. A. S., & Bhaga, B. D. (2023). PENERAPAN MEDIA AJAR “RODA PUTAR” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP PGRI LERO HA’E HEBING. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), 3604–3614. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1509