PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PARA PEKERJA LANTAI PRODUKSI DI PT ALIS JAYA CIPTATAMA

Authors

  • Arsad Safi’i Univesitas Teknologi Yogyakarta
  • Andung Jati Nugroho Univesitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1484

Keywords:

CVL, NASA-TLX, HAZOP, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Abstract

PT Alis Jaya Ciptatama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi produk mebel atau furniture making. Dalam proses produksinya, PT Alis Jaya Ciptatama membutuhkan banyak tenaga kerja dengan konsentrasi tinggi. Hal tersebut menjadikan salah satu faktor munculnya beban kerja bagi para karyawan. Di tandai dengan adanya kecelakaan yang terjadi pada tahun 2020, 2021, dan 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi betapa tingginya beban kerja fisik dan beban kerja mental para pekerja, mengetahui potensi bahaya yang ditimbulkan dari aktivitas pekerjaan, dan mengetahui pengaruh beban kerja fisik dan beban kerja mental terhadap kesehatan dan keselamatan kerja para pekerja stasiun mill 2 di PT Alis Jaya Ciptatama. Metode CVL yang diaplikasikan dalam mengukur beban kerja fisik sedangkan NASA-TLX yang diaplikasikan dalam pengukuran beban kerja mental. Sedangkan untuk mengetahui potensi bahaya yang muncul dalam aktivitas pekerjaan menggunakan metode HAZOP. Dari perhitungan beban kerja fisik didapatkan lima pekerja dengan klasifikasi nilai 30%CVL<60% dengan keterangan diperlukan perbaikan. Pada perhitungan beban kerja fisik didapatkan 7 orang pekerja dengan interpretasi nilai skor sangat tinggi dikarenakan rata-rata WWL sebesar 80 sampai 100. Dari hasil pengolahan data didapatkan 4 jenis potensi bahaya, yaitu potensi bahaya risiko renah, risiko sedang, risiko tinggi, dan risiko ekstrim. Dalam setiap aktivitas pekerjaan yang dilakukan nantinya akan menimbulkan potensi bahaya yang berpengaruh terhadap Kesehatan dan keselamatan kerja para pekerja stasiun mill 2 PT Alis Jaya Ciptatama.Kata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikarana, N. A., Herwanto, D., & Rifa'i, M. R. (2022). Analisis Beban Kerja Mental Menggunakan NASA-TLX pada Divisi Produksi Perusahaan Metal Stamping. Go-Integratif: Jurnal Teknik Sistem dan Industri, 3(02), 98-109.

Afifah, F. N. (2021). Comparative Analysis of Mental Expenses for End-Level Students in Dealing with Online and Direct Learning with the NASA-TLX Method. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(4), 764-770.

Anita, J., Aziz, N., & Yunus, M. (2013). Pengaruh penempatan dan beban kerja terhadap motivasi kerja dan dampaknya pada prestasi kerja pegawai dinas tenaga kerja dan mobilitas penduduk Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2(1), 67-77.

Astuti, R. D., Rosyidasari, A., & Tyastuti, N. U. (2021, July). Analisis Beban Kerja Fisiologis dan Psikologis Pada Pekerja Bahan Bangunan UD Selo Tirto Menggunakan Metode Cardiovascular Load dan NASA-TLX. In Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 26 (Vol. 27).

Kroemer & Grandjean. (1997). Fitting the Task to The Human, 5th Adition. London: Tailor and Prancis

Munte, S., Hasibuan, C. F., & Lubis, S. B. (2021). Analisis Pengukuran Beban Kerja dengan Menggunakan Cardiovascular Load (CVL) pada PT. XYZ Analysis of the Workload Measurement by Using Cardiovascular Load (CVL) and at PT. XYZ. JIME (Journal of Industrial and Manufacture Engineering), 5(1).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2008 Pedoman Analisis Beban Kerja Di Lingkungan Departemen Dalam Negeri Dan Pemerintah Daerah

Prastika, S., Gustopo, D., & Vitasari, P. (2020). Analisis Beban Kerja Dengan Metode Nasa-Tlx di PT. Pos Indonesia Cabang Malang Raya. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 6(2), 24-29.

Puteri, R. A. M., & Sukarna, Z. N. K. (2017). Analisis Beban Kerja Dengan Menggunakan Metode CVL Dan NASA-TLX Di PT. ABC. Spektrum Industri, 15(2), 211.

Rahmah, S. A. (2018). Analisis Beban Kerja Fisik dan Mental dengan Menggunakan Metode Cardiovascular Load dan Nasa-TLX pada PT. XYZ.

Susandi, D., & Wikananda, R. (2018, October). nalisis Beban Pada Olahraga Panahan Dengan Menggunakan Metode Fisiologi. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 9, pp. 432-437).

Tarwaka, S., & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja Dan Produktivitas. UNIBA, Surakarta.

Widana, I. K., Sumetri, N. W., & Sutapa, I. K. (2020, July). Ergo-physiological Work Station Reduces Cardiovascular Load and Visual Complaints of Carved Artists. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1569, No. 3, p. 032035). IOP Publishing.

Zuraida, Z. (2020). Kepuasan Kerja Ditinjau Dari Beban Kerja Karyawan Yang Berlatarbelakang Pendidikan Tidak Sesuai Dengan Pekerjaan. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(2), 71-82.

Downloads

Published

2023-09-03

How to Cite

Safi’i, A., & Nugroho, A. J. (2023). PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PARA PEKERJA LANTAI PRODUKSI DI PT ALIS JAYA CIPTATAMA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), 3434–3452. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1484