PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI UC DALAM GAME PUBGM DI REGION JABODETABEK

Indonesia

Authors

  • Febri Kasihyana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Imelda Sari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Angestika Wilandari Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1458

Keywords:

Harga, Promosi, Minat Beli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli. Sampel diambil dengan menggunakan non-probability sampling dan sumber data yang didapatkan dari sampel menggunakan rumus lemeshow sejumlah 100 responden. Pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner menggunakan googleform pada sampel yaitu pengguna Game Player Unknown Battle Ground (PUBG) Mobile di Region Jabodetabek yang pernah melakukan pembelian marketplace codashop dan menggunakan Unknown Cash (UC). Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis yang dipilih menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: 1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli UC dalam game PUBGM di region Jabodetabek. 2) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli UC dalam game PUBGM di region Jabodetabek. 3) harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap minat beli UC dalam game PUBGM di region Jabodetabek. Agar pihak marketplace codashop dan developer game PUBGM dapat meningkatkan minat beli konsumen maka disarankan agar memberi harga dan kualitas yang sesuai dan meningkatkan promosi agar meningkatkan minat beli dari konsumen, serta untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian harga dan promosi didaerah lain serta masih ada terdapat 46,9% minat beli dapat dijlaskan oleh variabel lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, Gofur. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap kepuasan pelanggan.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) 4: 1. file:///C:/Users/Febri Kasihyana/Downloads/240-Article Text-551-1-10-20190810.pdf.

Achmad, Fathony Aditya, Iqbal Muhammad, dan Sopian Asep. 2019. “PENGARUH ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA LANGONSARI KECAMATAN PAMEUNGPEUK KABUPATEN BANDUNG.” Jurnal ilmiah akuntansi. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/index.

Afifah, Hasnah Nur. 2020. “Simbol Dalam Tindakan Konsumsi Skin Game Pubg Di Komunitas 5x Surabaya.” Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/98383/.

Djoko lesmana, Radji. 2018. “Promosi menurut Tjiptono pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaandan produknya agar bersedia menerima, me.” jurnal ilmu pendidikan nonformal 4: 1. //ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index.

Indra, Lesmana, Pamikiran Revols, dan Labaro Ivor. 2018. “Produksi dan produktivitas hasil tangkapan kapal tuna hand lineyang berpangkalandi Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung.” Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JITPT/article/view/16968.

Irawan, Irawan mohamad rizal nur. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya.” Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097.

Lianti, dan Syarifah Reza. 2022. “PENGARUH PERSPEKTIF FRAUD DIAMOND TERHADAP KECENDERUNGAN TERJADINYA KECURANGAN (FRAUD) DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI KASUS PEMERINTAH DESA KABUPATEN LUMAJANG).” Institut teknologi dan bisnis widya gama lumajang. http://repository.itbwigalumajang.ac.id/1690/.

Muhammad, Zulfiqry. 2021. “PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI FLASH SALE 12.12 PADA MARKET PLACE SHOPEE (Kasus Pengguna Aplikasi Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar ).” Universitas Hasanuddin Makassar. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/11294/2/A21116529_skripsi_19-11-2021 1-2.pdf.

Nur, hanifah hamin, Hidayati Nurul, dan Mutiarni Rita. 2019. “Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green ProductDan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara 2, no. 1. https://doi.org/https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345.

Nur, Irawan mohamad rizal, Sayekti levia Inggrit, dan Ekasari Ratna. 2021. “PENGARUH FASILITAS WISATA, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT WISATAWAN BERKUNJUNG PADA WISATA WEGO LAMONGAN.” Jurnal Ecopreneur.12 4: 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1008.

Putra, Putra Ananda, Sumijan Sumijan, dan Mardison Mardison. 2019. “Perancangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan Database MYSQL (Studi Kasus Paud Terpadu Bismillah Kota Bukittinggi)” 9, no. 1. http://repository.upiyptk.ac.id/3791/1/1. Jurnal Sinta 5.pdf.

Satti, Manglo bergita. 2021. “DAYA TARIK PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK DIMEDIASI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI MINUMAN THAI TEA DI KOTA MAKASSAR.” Universitas Bosowa. https://journal.unibos.ac.id/jbm/article/view/1079.

Siti, Karliana. 2018. “PENGARUH KURIKULUM 2013 TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SE KOTA CIMAHI TAHUN AJARAN 2017/2018.” Universitas Pasundan. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36516.

Trisiska, Wasitaningrum, dan Cahya Handy Nur. 2022. “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett Whitening.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 1. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS.

Yuni, Septiani, Arribe Edo, dan Diansyah Risnal. 2020. “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru).” jurnal teknologi dan open source 3. https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JTOS/article/view/560/398.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Kasihyana, F., Sari, I., & Wilandari, A. (2023). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI UC DALAM GAME PUBGM DI REGION JABODETABEK: Indonesia. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(9), 3792–3803. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i9.1458