PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT DI KOTA SURAKARTA

Authors

  • Putri Avrinia Anjasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Sukoharjo
  • Tri Ratna Pamikatsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Sukoharjo

Keywords:

Persepsi kemudahan, Persepsi Manfaat, Promosi, Minat Penggunaan, Shopeepay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan promosi terhadap minat penggunaan shopeepay pada masyarakat di Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data yang dikumpulkan dari pengisian kuesioner oleh 100 masyarakat di Kota Surakarta. Alat analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan pengolahan data menggunakan program statistik SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan shopeepay pada masyarakat di Kota Surakarta. Berbeda halnya dengan persepsi kemudahan yang tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan shopeepay.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi F.R, Andrian B.P & Lala I. 2016. Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan E-Money.

https://ejournal.unisnu.ac.id/JDEB/article/view/470

Ali Mujahidin, Rika P. F A. 2020. Pengaruh Fintech e-wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial.

https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1513 Diakses tanggal 16 juni 2022

Andika B P & I Dewa Gede D S. 2019. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik.

https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i02.p04

Bank Indonesia. 2022. Edukasi - Mengenal Financial Teknologi.

https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx

DataIndonesia.id. 2022. Transaksi Uang Elektronik Capai Rekor pada Desember 2021.

https://dataindonesia.id/digital/detail/transaksi-uang-elektronik-capai-rekor-pada-desember-2021 Diakses tanggal 9 Agustus 2022

DailySocial.id. 2022. Survei MarkPlus: ShopeePay Ungguli Pangsa Pasar Dompet Digital Selama Pandemi.

https://dailysocial.id/post/survei-markplus-shopeepay-ungguli-pangsa-pasar-dompet-digital-selama-pandemi Diakses tanggal 15 Juni 2022

Dirwan & Latief Fitriani. 2020. Aspek Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Digital di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management Volume 6 No.1.

https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/748/453

Erika Prasanti. 2021. Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal).

http://eprints.poltektegal.ac.id/539/ Diakses tanggal 18 Mei 2022

Fitri Mawardi & Renny Dwijayanti. 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/41808/36140

Faddila, Syifa Pramudita, dkk. 2022. Analisis Karakteristik Pengguna Shopeepay Sebagai Dompet Digital Pada Generasi Z.

https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i2.2279

Galang Prasetya. 2021. E-Wallet: Determinan Minat Menggunakan Pada Masa Pandemi Covid – 19 Dengan Pengalaman Sebagai Variabel Moderasi.

https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30294

Heny Kurnianingsih & Trisna Maharani. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah.

https://doi.org/10.31253/aktek.v12i1.370

Jessica Vallentina. 2021. Analisis Faktor-Faktor Pendorong Minat Penggunaan Digital Payment.

https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/3064 Diakses tanggal 24 Juni 2022

Katadata.co.id. 2022. Mana yang Paling Favorit, E-Money atau E-Wallet?.

https://katadata.co.id/muhammadridhoi/analisisdata/5f97c41b49705/mana-yang-paling-favorit-e-money-atau-e-wallet Diakses tanggal 3 Juni 2022

Katadata.co.id. 2022. Mengenal 6 Dompet Digital Terbaik di Indonesia.

https://katadata.co.id/intan/berita/6249b508a22ca/mengenal-6-dompet-digital-terbaik-di-indonesia Diakses tanggal 25 Juni 2022

Lalu A, Ujianto, Imawati Y. 2021. Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-Wallet Di Kota Banjarmasin.

https://doi.org/10.35972/kindai.v17i3.631 Diakses tanggal 1 Juli 2022

Nanda Andari Praudry & Dihin Septyanto. 2021. Minat Masyarakat Menggunakan Aplikasi E-Wallet: Apakah Dipengaruhi Oleh Persepsi Kemudahan, Daya Tarik Promosi Dan Persepsi Kemanfaatan ?.

https://digilib.esaunggul.ac.id/minat-masyarakat-menggunakan-aplikasi-ewallet-apakah-dipengaruhi-oleh-persepsi-kemudahan-daya-tarik-promosi-dan-persepsi-kemanfaatan-18201.html Diakses tanggal 17 Juni 2022

Novrita D.K. 2020. Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet.

http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/668

Singgih Priambodo & Bulan Prabawani. 2016. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang).

https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/11294

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : CV Alfabeta.

Sulfina, Yuliniar & Aziz. 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Untuk Menggunakan Uang Elektronik (Shopeepay).

http://dx.doi.org/10.21460/jrak.2021.172.401

Surakartakota.bps.go.id. 2022. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2020-2021.

https://surakartakota.bps.go.id/indicator/12/319/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html Diakses tanggal 1 Agustus 2022

Wiwik Widiyanti. 2020. Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok.

https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567

Yanti, A. I., & Adhiyani, O. R. (2020). Analisa Pengaruh Iklan, Cashback dan User

Friendly terhadap Impulse Buying Konsumen Dompet Elektronik OVO di Surakarta.

https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.109

Yuliani D.R & Rahmi Y. 2019. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa STIE Bank BPD Jateng.

https://doi.org/10.35829/econbank.v2i2.215

Yunita T.R. 2022. Pengaruh Promosi Cashback, Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Bertranksasi Menggunakan Dompet Digital Shopeepay.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Anjasari, P. A., & Pamikatsih, T. R. (2023). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PROMOSI TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT DI KOTA SURAKARTA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 3293–3303. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/1396