KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI UNIT KERJA IMIGRASI KELAS I TPI BANJARMASIN DI KABUPATEN BALANGAN

Authors

  • Nida Urahmah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Andri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1391

Keywords:

Paspor, Imigrasi Kelas I, Pelayanan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah  tidak ada kejelasan dalam kapan selesainya pembuatan paspor, kurangnya sumber daya manusia, dan kurang memadainya wifi/penunjang internet. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan paspor kelas I TPI Banjarmasin di Kabupaten Balangan. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif-kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa; pertama; Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Kelas I TPI Banjarmasin di Kabupaten Balangan cukup optimal dilihat dari variable; 1) Reliability (reabilitas) cukup optimal.  2) Responsiveness (daya tanggap) belum optimal. 3) Assurance (jaminan) cukup optimal.  4) Empathy (empati) cukup optimal. karena pegawai pelayanan belum sepenuhnya mampu memahami masyarakat. 5) Tangibles (bukti fisik) sudah memadai Dari kesimpulan di atas dapat disarankan, kepada 1) Kepala Kantor Imigrasi Kabupaten Balangan diharapkan meningkankan kembali kualitas pelayanan kantor keimigrasian, khususnya dalam pembuatan paspor. 2) Pegawai Kantor Imigrasi Kabupaten Balangan diharapkan meningkankan kembali kualitas pelayanannya, khususnya dalam pembuatan paspor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Syukron, dan Kholil, Muhammad. 2012. Six Sigma Quality For Business Improvement. Graha Ilmu. Jakarta.

Iswari dan Warsono. 2019. Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Kota Cilacap. Jurusan Administrasi Publik. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ndraha, Taliziduhu, 2010. Metodelogi Ilmu Pemerintahan. Rineka Cipta. Jakarta.

Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2017. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Alfabeta. Bandung.

Sedarmayanti. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi dan Birokrasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Refika Aditama. Bandung.

Santosa, Panji. 2012. Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Refika Aditama. Bandung.

Ratminto dan Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Urahmah, N., & Andri, A. (2023). KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI UNIT KERJA IMIGRASI KELAS I TPI BANJARMASIN DI KABUPATEN BALANGAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 3233–3241. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1391