GAMBARAN VIRAL LOAD PASIEN HIV/AIDS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA KENDARI

Authors

  • Hilma Yuniar Thamrin Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari
  • Samsu Appe Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari
  • Nelini Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari
  • Ermawati Rahim Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1303

Keywords:

Viral load, HIV/AIDS, Usia, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan

Abstract

Viral Load HIV merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengukur jumlah virus dalam darah dengan memantau tingkat replikasi virus dan efektivitas ART. Tujuan pengobatan HIV adalah untuk mengurangi viraload dalam darah ke tingkat yang tidak terdeeteksi (<50 kopi/ml) dan keberadaan viral load terdeteksi yang terus menerus (>1000 kopi/ml) terhadap orang yang hidup dengan HIV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karateristik viral load pasiesn HIV AIDS di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif retrospektif dengan menggambarkan suatu objek sesuai data yang ada. Peneliti melakukan pengambilan data melalui hasil rekam medis pasien tahun 2022 sebanyak 85 sampel, yang selanjutnya akan ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil dan pembahasan: pasien yang telah melakukan tes viral load dengan hasil yang terdeteksi <40 lebih banyak dari pada mereka tes dengan hasil yang terdeteksi >40. Hal ini disebabkan karena pasien selalu rutin melakukan pemeriksaan dan mengkonsumsi obat yang telah diberikan sehingga pasien yang terdeteksi menurun meskipun masih ada beberapa pasien kadar viral load masih terdeteksi. Kesimpulan: Semakin rutin pasien melakukan pemeriksaan dan mengkonsumsi obat, maka kadar viral load akan semakin menurun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajar PP, E. and M.A. Sofro, Hubungan Antara Stadium Klinis, Viral Load Dan Jumlah CD4 Pada Pasien Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) Di RSUP Dr. Kariadi Semarang. 2013.

WHO, Human Immunodeficiency Virus (HIV). https://www.who.int/health-topics/hiv-aids#tab=tab_1. di akses pada tanggal 5 Juni 2023. 2023.

Astari, L., S.Y. Sawitri, and D. Hinda, Viral Load pada infeksi HIV. Berkala Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, 2019. 21(1): p. 31-8.

Herlinda, F., F. Diniarti, and D. Darmawansyah, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian HIV/AIDS Di Puskesmas Penurunan Kota Bengkulu Tahun 2022. Jurnal Vokasi Kesehatan, 2023. 2(1): p. 13-22.

Putra, M.A.S. and C.R. Sinaga, Correlation Compliance Antiretroviral Therapy With Levels Viral Load In HIV Patients At Poly Clinic VCT Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda Hospital 2022. PHARMACON, 2023. 12(2): p. 238-243.

Kemenkes, R., Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana HIV. Jakarta. Kementrian Kesehatan Republik Indonesi, 2019.

Sutrasno, M.A., et al., Literature ReviewGambaran Karakteristik Pasien HIV/AIDSdi Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 2022. 5(1): p. 50-59.

Claudia, R.O., D. Rahmawati, and J. Fadraersada. Gambaran Karakteristik, Pola Pengobatan dan Kepatuhan Pasien HIV/AIDS Di Kota Samarinda. in Proceeding of Mulawarman Pharmaceuticals Conferences. 2018.

Dewanti, E. and H. Handayani, DETERMINANT VIRAL LOAD TERSUPRESI TERHADAP PASIEN HIV DAN AIDS. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 2021. 7(3): p. 60-66.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Thamrin, H. Y., Appe, S., Nelini, N., & Rahim, E. (2023). GAMBARAN VIRAL LOAD PASIEN HIV/AIDS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA KENDARI. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(8), 2892–2898. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i8.1303