STRATEGI PERTAHANAN MARITIM INDONESIA DALAM USAHA PENGAMANAN WILAYAH INDONESIA

Authors

  • Muhamad Asrul Universitas Halu Oleo
  • Arifin Andika P Universitas Halu Oleo
  • Heber Universitas Halu Oleo
  • Eliyanti Agus Mokodompit Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1226

Keywords:

Strategi Pertahanan, Keamanan Maritim

Abstract

Dalam menjaga pertahanan maritim, sistem pertahanan yang dibutuhkan memiliki tingkatan yang lebih rumit karena membutuhkan kekuatan pertahanan yang mumpuni dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam menggelar setiap operasi guna menjaga kedaulatan maritim di wilayah NKRI. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem pertahanan yang terarah agar bisa menjadi acuan dalam melaksanakan kebijakan yang mampu memperkuat sistem pertahanan maritim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pertahanan maritim indonesia dalam usahan pengamanan wilayah maritim. Penelitian ini menggunakan literature review dengan metode pengumpulan data yaitu berasal dari buku, jurnal, internet yang mendeskripsikan fakta. Hasil dan pembahasan menjelaskan bahwa negara maritim harus mempunyai kemampuan operasi tempur laut yang sangat mumpuni. Semua angkatan laut harus mempunyai fungsi pertahanan yang efektif karena luasnya wilayah laut akan menuntut tanggung jawab yang berat. Angkatan laut wajib terus dibangun dalam segala bidang agar semakin profesional. Kesimpulan, untuk menerapkan strategi pertahanan wilayah maritim, maka indonesia membutuhkan stakeholder/entitas dibidang kemaritiman. Sinergi tersebut didukung faktor koordinasi yang bersifat kemitraan dan faktor komunikasi yang merupakan saluran pertukaran informasi antar entitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmara, R., Sumber Daya Strategi Pertahanan Maritim Indonesia Dalam Pengendalian Laut Di Selat-Selat Strategis Guna Mendukung Sistem Pertahanan Semesta. Jurnal Maritim Indonesia (Indonesian Maritime Journal), 2020. 8(2).

Hadiwijaya, B., Strategi Pertahanan Maritim Di Laut Natuna Utara Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 2022. 9(3): p. 418-429.

Prasetyo, K.A., L.Y. Prakoso, and D. Sianturi, Strategi Pertahanan Laut Pemerintah Indonesia dalam Menjaga Keamanan Maritim. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 2021. 5(1).

Ampun, A.C.R.A. and A.O. Purba, Strategi Pertahanan Maritim Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 2021. 8(3): p. 321-325.

Palar, A.M.K., Strategi Pertahanan Laut Badan Keamanan Laut RI dalam Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 2022. 7(2): p. 143-158.

Widyoutomo, A., Pengamanan laut mewujudkan keamanan maritim Indonesia. Jurnal Maritim, 2020. 1(1): p. 1-16.

Palupi, E., A. Ansori, and E. Suhardono, Strategi Pertahanan Laut Di Provinsi Sulawesi Tenggara Melalui Konsep Driving Force. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 2020. 5(3).

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Asrul, M., P, A. A., Heber, H., & Mokodompit, E. A. (2023). STRATEGI PERTAHANAN MARITIM INDONESIA DALAM USAHA PENGAMANAN WILAYAH INDONESIA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2859–2864. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1226