PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREBUT PANGSA PASAR PADA CV. TRI MUKTI MOJOKERTO

Authors

  • Eny Setyariningsih Universitas Islam Majapahit
  • Budi Utami Universitas Islam Majapahit
  • M.Syamsul H Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Strategi Pemasaran, Pangsa Pasar, ETOP, SAP, SWOT

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan perusahaan yaitu terletak pada strategi pemasaran apa yang digunakan oleh perusahaan. Oleh karena itu sebelum menentukan strategi pemasaran perusahaan harus mampu melakukan analisis lingkungan internal dan dan eksternal sebagai bahan untuk dapat memlilih alternatif kebijakan terbaik dalam strategi pemasaran yang berkaitan dengan bauran pemasaran (Marketing mix). Penelitian ini menggunakan data primer dan juga data skunder yang diperoleh langsung dari obyek penelitian (pimpinan perusahaan), serta menggunakan perincian analisis SAP (Strategy Anvantage Profile) dan analisis ETOP (Enviromental Threat and Opportunity Profile) yang meliputi: kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Treathment) untuk dapat melihat kondisi suatu perusahaan. Dari analisis SAP dapat disimpulkan bahwa produk, harga dan pengawasan memberikan nilai (+), yang berarti kekuatan perusahaan yang dapat dijadikan daya tarik dan keunggulan perusahaan, terutama dibidang pemasaran produk. Sedangkan promosi dan saluran distribusi memberikan nilai (-), yang merupakan kelemahan yang harus dilakukan pembenahan oleh perusahaan karena akan menjadi ancaman bagi kemajuan perusahaan. Analisis ETOP dapat disimpulkan bahwa teknologi, pemerintah dan pelangga member nilai (+) dan merupakan peluang yang dapat digunakan perusahaan dalam upaya mengembangkan perusahaan dan menambah kekuatan perusahaan. Sedangkan ekonomi, pemasok dan pesaing member nilai (-) dan merupakan ancaman yang harus dihindari oleh perusahaan. Dengan cara mengoptimalkan peluang dan kekuatan yang dimiliki perusahaan. Dari hasil analisis kualitatif serta dorong oleh kondisi perusahaan saat ini, maka perusahaan dapat memilih alternatif strategi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan antara lain: meningkatkan produksi dengan tetap memperhatikan mutu dan kualitas, menambah frekuensi promosi melalui berbagai media, menambah kapasitas produksi dengan tetap memberikan harga yang terjangkau dan pengembangan jasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kotler dan Amstrong. 2001. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, 10th edition. New Jersey; Prentice Hall. Icn

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

Sofyan Assauri, 1998. Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi

Sofyan Assauri, 2001. Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi

Suroso, Imam. 2011. Konsep dan Teori Manajemen Strategi. Edisi Pertama

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Setyariningsih, E., Utami, B., & H, M. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREBUT PANGSA PASAR PADA CV. TRI MUKTI MOJOKERTO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2742–2757. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/1216