GAMBARAN INTERVENSI MC.KENZIE EXERCISE PADA PASIEN LANSIA DENGAN LOW BACK PAIN AKIBAT HERNIA NUKLEUS PULPOSUS: A CASE STUDY

Authors

  • Asti Utami Universitas Padjadjaran
  • Ahmad Yamin Universitas Padjadjaran
  • Mamat Lukman Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1200

Keywords:

Hernia nukleus Pulposus, Mc. Kenzie Exercise, Nyeri Kronis

Abstract

Low back pain (LBP) menjadi satu dari sekian banyak masalah keperawatan yang banyak terjadi pada pasien dengan riwayat hernia nukleus pulposus (HNP). Salah satu penanganan LBP dapat berupa latihan Mc. Kenzie (Mc. Kenzie Exercise). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi non farmakologis manajemen nyeri dengan latihan Mc. Kenzie pada pasien dengan LBP akibat HNP. Sampel penelitian ini adalah seorang pasien lansia di Griya Lansia Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Instrumen penelitian yang dipakai adalah kuesioner, NRS, dan ODI. Intervensi yang dilakukan dengan menerapkan Mc. Kenzie exercise selama satu minggu. Latihan Mc Kenzie dilakukan dengan dosis tiga kali seminggu dan setiap gerakan diulang sebanyak sepuluh kali. Setiap gerakan diulang sebanyak 3 kali dalam setiap sesi . Hasil intervensi diukur menggunakan NRS yang dipantau setiap harinya selama satu minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan intervensi manajemen nyeri dengan latihan Mc. Kenzie selama satu minggu, pasien mengatakan kuantitas nyeri menurun dan skala nyeri turun menjadi 1. Intervensi keperawatan non farmakologis manajemen nyeri dengan latihan Mc. Kenzie dapat diberikan pada pasien lansia dengan LBP akibat HNP. Latihan ini cukup efektif dalam mengurangi kuantitas dan kualitas nyeri pada pasien lansia akibat HNP dengan kondisi yang serupa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Autio, Reijo. "MRI Of Herniated Nucleus Pulposus." Acta Universitatis Ouluensis D Medica, 2006: 1-31.

Burdorf, A, et al. A model for comparing occupational health and safety. Den Haag, 2010.

Cahyati, Y I. "Penatalaksaan Fisioterapi Pada Kondisi Hernia." Jurnal Kesehatan, 2015.

Dempsey, P A. Riset Keperawatan, Buku Ajar dan latihan. Jakarta : EGC, 2002.

Foster , Nadine E, et al. "Prevention and treatment of low back pain: Evidence, challenges, and promising directions." The Lancet, 2019.

Franco , L De Cicco , and O Camino Willhuber Gaston . Nucleus Pulposus Herniation.

StatPearls Publishing LLC, 2023.

Frymoyer, et al. Adult & Pediatric Spine, The, 3rd Edition. Lippincott Williams & Wilkins, 2004.

Lotke. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Yogyakarta, 2008.

Martin , Bi, SK Mirza, BA Comstock, DT Gray, W Kreuter, and RA Deyo . "Reoperation rates following lumbar spine surgery and the influence of spinal fusion procedures." Europe PMC, 2007.

McKenzie, R. Treat your own back. Ninth Edition. New Zealand: Spinal Publications New Zealand Ltd, 2011.

Moldovan, M. "Therapeutic Consideration and Recovery in Low Back Pain : Williams vs McKenzie." Timisoara Physical Education and Rehabilitation Journal, Volume 5, Issue 9, 2012.

Moore, Keith L, and A M R Agur . Clinically Oriented Anatomy. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins, 2013.

Muttaqin, A. Pengkajian Keperawatan Aplikasi pada Praktik Klinik. Jakarta: Salemba Medika, 2011.

Ramadhani , Dessy Triana, Farid Rahman, and Haryatmo. "Penatalaksanaan Fisioterapi dengan Mckenzie Exercise dan Core Stability Exercise Pada Kondisi Hernia Nukleus Pulposus (HNP) Lumbal: Case Report." Ahmar Metastasis Health Journal, 2023.

Setyanegara, dkk. Ilmu Bedah Saraf. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Shahdevi, N K, AHS Made, B R Sri , and R Masruroh. "Complex Regional Pain Syndrome (CRPS) diagnosis : A case report." Journal of Pain, Headache and Vertigo (JPHV), 2020: 1-3.

Sidharta, P. Sakit neuromuskuloskeletal dalam praktek umum. Jakarta: PT Dian Rakyat, 1984.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta: DPP PPNI, 2018.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Utami, A., Yamin, A., & Lukman, M. (2023). GAMBARAN INTERVENSI MC.KENZIE EXERCISE PADA PASIEN LANSIA DENGAN LOW BACK PAIN AKIBAT HERNIA NUKLEUS PULPOSUS: A CASE STUDY. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2704–2713. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1200