ANALISIS KUALITAS PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (STUDI PADA AYAM BMKG)

Authors

  • Aldi Renaldy Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • An-Nisaa Shabrina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hanny Novita Ramadhan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Muthia Novita Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Putri Aprilia Hikayatuni’mah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Jumawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Keywords:

Kualitas Produk, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Daya Saing UMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap kualitas produk UKM Ayam Bakar Madu (BMKG). Kualitas produk ini juga terkait dengan strategi pemasaran yang ditujukan untuk meningkatkan penjualan UKM Ayam Bakar Madu Kremes Goreng (BMKG). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian, observasi, survei, dan wawancara digunakan untuk memperoleh informasi. Namun, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan random sampling. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk UKM Ayam Bakar Madu Kremes Goreng (BMKG). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. A., Wahyudin, W., Fitriani, R., & Astuti, F. (2022). Pengendalian Kualitas Produk Roti dengan

Metode Seven Tools di UMKM Anni Bakery and Cake. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri,

21(1), 52. https://doi.org/10.20961/performa.21.1.53700

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). 6(3), 96–107. http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah

Arismal Rezki, M., Retno Hapsari, D., Ekologi Manusia, F., Pertanian Bogor, I., & Departemen Sains

Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, D. (n.d.). EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI PRODUK KOPI LOKAL DI RUMAH KOPI RANIN The Effectiveness of Promotion Strategies in Local Coffee Products at Ranin Coffee House (Vol. 17, Issue 1).

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN

PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11),

6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19

Dyah Paramita, P., & Miftakus Surur, A. (n.d.). MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN UMKM MELALUI INOVASI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU USAHA KERIPIK DI DESA DOMAS.

Haris, M., & Kurniasari, I. H. (n.d.-a). ANALISA KUALITAS PRODUK PADA UMKM KRIPIK SINGKONG. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA

Haris, M., & Kurniasari, I. H. (n.d.-b). ANALISA KUALITAS PRODUK PADA UMKM KRIPIK SINGKONG. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA

Hendika Wibowo Zainul Arifin Sunarti Fakultas Ilmu Administrasi, D. (2015a). ANALISIS STRATEGI

PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 29, Issue 1). www.depkop.go.id

Hendika Wibowo Zainul Arifin Sunarti Fakultas Ilmu Administrasi, D. (2015b). ANALISIS STRATEGI

PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 29, Issue 1). www.depkop.go.id

Jackson R.S Weenas. (n.d.). KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA.

Lediya, S., Artiningsih, D. W., & Syahrani. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK UPAYA MENNGKATKAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN HANARI DI BINUANG. 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Maryama STIE Ahmad Dahlan Jakarta Jl Ciputat Raya No, S., & Jakarta Selatan, C. (2013). PENERAPAN ECOMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA. In Jurnal Liquidity (Vol. 2, Issue 1).

Rahmini, Y., Sekolah, S., Ilmu, T., & Balikpapan, E. (n.d.). PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA.

Rizka Maulana Ibrahim, A., & Ahmad, K. B. (n.d.). PENGEMBANGAN KUALITAS PRODUK UMKM BANANA CHIPS DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI DESA KUTAAMPEL. 2(2).

Shafitri, M., & Aryani, L. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo (Vol. 2).

Siregar Hamzah Amir, Susana, Ritonga Zuriani, Hasibuan Desmawati, & Elvina. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CITA RASA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN MBAK SITI.

Syahputri, M., Aulia, A., Pertiwi Hari Sandi, S., Epty Hidayaty Vol, D., & Epty Hidayaty, D. (n.d.).

PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN HARGA UMKM SOTO AYAM SURABAYA “CAK NOER” KARAWANG.

Winata, E., Tinggi, S., & Sukma, I. M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25–32. http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Renaldy, A., Shabrina, A.-N., Ramadhan, H. N., Ramadhani, M. N., Hikayatuni’mah, P. A., & Jumawan, J. (2023). ANALISIS KUALITAS PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM (STUDI PADA AYAM BMKG). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2518–2527. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/1150