ANALISA PEMASOK YANG PULIH LEBIH CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT, AHP, DAN TOPSIS DI PD. PUTRA GEMBONG JAYA

Authors

  • Budi Satria Bayu Aji 2Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
  • Asep Hermawan Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta
  • Agung Widarman Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1084

Keywords:

Pasokan, Swot, Ahp, Topsis, Pemasok

Abstract

  1. Putra Gembong Jaya merupakan salah satu perusahaan dagang bahan bangunan yang cukup besar di wilayah Pasawahan. Setelah pemerintah mengumumkan Setelah Pandemi PD. Putra Gembong Jaya mulai kembali menerima banyak pesanan sehingga kebutuhan bahan baku meningkat. Akan tetapi pemasok yang sebelumnya memasok, banyak diantaranya tidak bisa memasok, sehingga di perlukan metode yang cepat dan efisien untuk menrcari pemasok dari ketersediaan data yang dimiliki serta kondisi yang sedang di hadapi maka diusulkan metode penyelesaian dengan metode SWOT-AHP-TOPSIS. Berdasarkan hasil penelitian didapat hasil bahwa terdapat 3 pemasok utama untuk bahan semen di PD. .Putra Gembong Jaya. Yaitu BBS (Bandung Bintang Sejati, KWSG (Koperasi Warga Semen Gresik), dan Pemasok 3M (Marga Maju Mandiri). Dari analisa SWOT yang di lakukan pemasok KWSG menjadi pemasok yang paling cepat pulih sehingga di lakukan pembobotan strategi yang di lakukan pemasok KWSG, dengan metode AHP dan perangkingan dengan metode TOPSIS di dapat Meningkatkan promosi harga tetap melaui sistem online adalah strategi terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, J. (2018). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Dwiyana, R., Sitania, F. D., & Rahayu, D. K. (2017). Pemilihan Supplier Tandan Buah Segar (TBS) Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan TOPSIS. Prosiding Seminar Nasional Teknologi IV, 1(1), 89–98. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SEMNASTEK/article/view/951

Harsono, A., Prassetyo, H., & Arqom, N. (2009). Metode Pemilihan Pemasok Sayuran Di Supermarket Dengan Metode AHP Dan Promethee. Jurnal Itenas Rekayasa, 13(4), 218781.

Hernawan, Y., Wijaya, S., Dewi, K., Sekolah, J., Antapani, I., Bandung, N., Pembobotan, A., & Analisis, S. P. (2020). SWOT MASA KONDISI COVID-19 DIPERKEBUNAN KOPI PALASARI KABUPATEN BANDUNG APPLICATION OF WEIGHTING , RATING & SCORING ON THE SWOT ANALYSIS AT CONDITIONOF COVID-19 IN PALASARI COFFEE PLANT , KABUPATEN BANDUNG Program Studi Manajemen Pariwisata STP ARS Intern. 10(1).

Imran, A. (2019). PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DENGAN TEORI PERMAINAN (GAME THEORY) UNTUK MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN DI WILAYAH MAKASSAR (STUDI KASUS PENGGUNA GO-JEK DAN GRAB) SKRIPSI. In Society (Vol. 2, Issue 1). http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Ninik Wulandari. (2014). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT . Alfindo Dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ). Jurnal Sistem Informasi, 1(1), 4–7.

Putri, M. M., & Akbar, M. I. (2021). Pemilihan Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Metode SWOT-AHP-TOPSIS Di Pt Indonina Lautan Berlian. 03(1), 25–31.

Rusdah, & Widyawati, S. (2013). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Pada PT Tatalogam Lestari Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Budi Luhur Information Technology, ISSN 1693-91166, 10(1), 33–40.

Setiawan et al. (2021). ISSN : 2338-7750 Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Jurnal REKAVASI ISSN : Rifda Ilahy Rosihan , Wihda Yuniawati. Rekavasi, 9(1), 65–74.

Stadtler, H., & Kilger, C. (2008). Supply chain management and advanced planning (Fourth edition): Concepts, models, software, and case studies. In Supply Chain Management and Advanced Planning (Fourth Edition): Concepts, Models, Software, and Case Studies. https://doi.org/10.1007/978-3-540-74512-9

Sundari, E. (2015). MODEL PEMILIHAN PEMASOK MATERIAL KONSTRUKSI OLEH PENGEMBANG PERUMAHAN DENGAN PENDEKATAN TEORI PERMAINAN EVA (Issue 1).

Undang-Undang Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia No. 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan. LN.2014/No. 45, TLN No. 5512, LL SETNEG: 56 HLM, 1–56. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38584/uu-no-7-tahun-2014

Utsalina, D. S., & Primandari, L. A. (2020). Analisis SWOT Dalam Penetuan Strategi. Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 14(1), 41–50.

Wicaksana, A. (2016). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PERHIASAN IMITASI DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS : UD AQILA). Https://Medium.Com/, 7–35. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Yuniarti, R., Azlia, W., & Fitriana, U. (2018). Analisis Kelayakan Investasi Penambahan Truk Pada Distributor Semen Dengan Metode AHP dan TOPSIS. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(1), 46. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i1.4231

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Aji, B. S. B., Hermawan, A., & Widarman, A. (2023). ANALISA PEMASOK YANG PULIH LEBIH CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT, AHP, DAN TOPSIS DI PD. PUTRA GEMBONG JAYA . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2507–2517. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1084