PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERMAINAN TRADISIONAL GASING (STUDI KASUS PERMAINAN GASING DI DESA DANGER KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Authors

  • Muh. Zaini Hasanul Muttaqin Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Soni Hartama Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.88

Keywords:

Instrumen penilaian, permainan tradisional gasing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian permainan tradisional gasing yang valid, reliabel dan praktis untuk mengukur tingkat keberhasilan atau kejuaraan permainan tradisional gasing. Pada proses pengembangannya, instrumen ini melalui tiga tahap, yakni tahap perencanaan, perancangan dan pelaporan. Masalah yang dihadapi dewan juri saat melakukan penilaian dan penentuan juara dalam permainan tradisional gasing adalah belum adanya instrumen penilaian yang baku atau standar. Model penelitiam pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan yang diajukan oleh Borg dan Gall (1983). Proses validasi terhadap instrumen penilaian permainan tradisional gasing dilakukan melalui dua tahap, yang pertama tahap validasi teoretik, dimana data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen uji coba yang digunakan adalah lembar validasi. Data yang  didapat adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan mengumpulkan komentar-komentar yang didapat untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap produk. hasil penelitian menunjukkan tingkat keterbutuhan instrumen penilaian permainan gasing di Desa Danger Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur adalah butuh, sedangkan tingkat kevalidan dari instrumen penilaian permainan gasing adalah sangat valid atau sangat layak untuk digunakan dalam penyelenggaraan permainan gasing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Muttaqin, M. Z. H. ., & Hartama, S. . (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PERMAINAN TRADISIONAL GASING (STUDI KASUS PERMAINAN GASING DI DESA DANGER KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR). Jurnal Ilmiah Global Education, 1(1), 68–72. https://doi.org/10.55681/jige.v1i1.88