ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI LEVEL HOTS DAN LOTS

Authors

  • Rudi Prasetyo Program Studi S2 Pendidikan Dasar, UM, Malang
  • Titik Harsiati Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang
  • Aynin Mashfufah Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v3i2.396

Keywords:

HOTS, LOTS, Assessment

Abstract

Pembelajaran di abad 21 diarahkan untuk mengembangkan keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi. Penilaian keterampilan berfikir kritis dan kreatif melalui penggunaan soal penilaian berfikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan soal HOTS dan LOTS pada soal penilaian akhir semester 1 di kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan soal HOTS pada tiap kelas di tiap muatan pelajaran mencapai 13%, sedangkan soal LOTS mencapai 87%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Sofyan, F., Ingries Fihtanti, A., & Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang Surel, F. (2019). IMPLEMENTASI HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KELAS 6. 4(1).

Erfan, M., Nurwahidah, Anar, A. P., & Maulyda, M. A. (2020). Identifikasi Level Kognitif pada Soal Ujian Akhir Semester Gasal Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.1954

Jusuf, R., Sopandi, W., Ratnawulan, A., Syaefudin Sa, U., Kunci, K., Ujian Nasional IPA, S., & Bloom Revisi, T. (2018). PROFIL KARAKTERISTIK SOAL UJIAN NASIONAL IPA SD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. In Jurnal Visipena (Vol. 9, Issue 1).

Khoerunnisa, G. A., & Hamdu, G. (2022). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis HOTS Mata Pelajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar. In All rights reserved (Vol. 9, Issue 3). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Nabila Zahra, Z., Suwangsih, E., Ruskandi, K., Rosmayanti, T., Andrean, B., Dwi, E., & Mutiara Sukabumi, B. (2022). Risma Sari Hidayat 13 , Sri Mariyam Islammiyati 14 Yuki 15. In Rigita Zulhijah Permata Indah (Vol. 10). http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/

Nurjanah, M., Fauzia, F., Fatonah Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, S., Fatonah, S., & UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalan Marsda Adisucipto Yogyakarta, M. (2021). IMPLEMENTASI LOTS DAN HOTS PADA SOAL TEMA 3 KELAS 1 MI/SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(2). https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi

Rini, F. I., & Marmoah, S. (2021). Analisis soal higher order thinking skill (HOTS) pembelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar.

Saraswati, P., & Agustika, G. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4.

Setiawati, W., Oktavia Asmira, Yoki Ariyana, Reisky Bestary, & Ari Pudjiastuti. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills.

Subhan, M., & Nandari, F. (2020). ANALISIS HOTS DAN LOTS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MUATAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. ESJ (Elementary School Journal), 10.

Taubah, M. (2019). Penilaian Hots dan Penerapannya di SD/MI.

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Prasetyo, R. ., Harsiati, T., & Mashfufah, A. (2022). ANALISIS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI LEVEL HOTS DAN LOTS. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(2), 211–215. https://doi.org/10.55681/jige.v3i2.396