Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS)

Authors

  • Sabahiyah Program Studi PGSD, STKIP HAMZAR, Lombok Timur, Indonesia
  • Sri Wahyuni Program Studi PGPAUD, STKIP HAMZAR, Lombok Timur, Indonesia
  • Hadiyaturrido Program Studi PGSD, STKIP HAMZAR, Lombok Timur, Indonesia
  • Mashal Hadi Program Studi PGSD, STKIP HAMZAR, Lombok Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3627

Keywords:

Project Based Learning, Kreativitas, IPAS

Abstract

This study aims to improve students' creativity by using the Project Based Learning (PjBL) learning model for class V at SDN 3 Mamben Daya. This study is a classroom action research (Celassrooom management) which is carried out for two cycles, each cycle consists of four components, namely planning, acting, observing, and reflecting. The subjects in this study were 23 students of class V at SDN 3 Mamben Daya, consisting of 15 males and 8 females. Student creativity data was collected using an observation sheet. After the student creativity data was collected, the data was then analyzed descriptively. The results of the study showed that the average student creativity in cycle I reached 70.00 in the fairly creative category, while in cycle II the average student creativity reached 80.96 in the creative category. Based on these data, it can be concluded that the Project Based Learning learning model can improve student creativity

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asidiqi, D.F. 2024. Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, Vol. 7 N0. 2 Hal. 123-130.

Azzahra, U., Arsih, F., Alberida, H. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( PjBL ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Science Education, Vol. 3 No.1 Hal. 49-60.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Kamarudin., Yana. 2021. Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start With A Question di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 1 Hal. 213-219.

Lailatunnahar, T. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VII.1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5 No.1.

Lestari, I., Linda, Z. 2019.Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Mangangantung, J., Fitra, P., Joulanda, A.M. R. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 5 No. 2 Hal. 1163 -1173.

Melinda,V., Melva, Z. 2020. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 4 No. 2 Hal. 1526-1539.

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.

Ni’mah, A.& Sukartono. 2022. Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol.6 No. 2.

Nurhayati. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD di Lingkungan Gugus Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Disertasi tidak diterbitkan Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha

Pianda, D. & Rahmiati. 2020. Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Google Classroom Sebagai Kelas Digital Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Vol. 4 No. 2

Rifai, A.S., Suryadi, B.U., Nurma, Y.I. 2021. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 10 No. 2 Hal. 123-129.

Sinta, M., Halimatus, S., Nanda, N., Fajrul, W.G., Syafrizal, S. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, Vol. 8 No.1 Hal. 24-28

Sit, Masganti. Dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Wicaksana, T.I., Ambiyar, A., Hasan, M., Dedy, I. 2022. Penerapan Model PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek.Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol. 7 No. 3 Hal. 470-478.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Sabahiyah, S., Wahyuni, S., Hadiyaturrido, H., & Hadi, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(4), 2627–2634. https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3627