Peran Kemudahan Memediasi Hubungan Brand Image, Brand Trust dengan Keputusan Studi di Overseas Training Center(OTC) Denpasar

Authors

  • Agus Sunatha Putra Program Studi Pariwisata, Program Magister, Universitas Udayana, Indonesia
  • Ni Putu Ratna Sari Program Studi Pariwisata, Program Magister, Universitas Udayana, Indonesia
  • I Wayan Suardana Program Studi Pariwisata, Program Magister, Universitas Udayana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3461

Keywords:

Brand Image, Brand Trust, Kemudahan, Keputusan Studi

Abstract

The study aims to analyze and determine the effect of brand image and brand trust on study decisions through convenience at the Overseas Training Center (OTC) in Denpasar. The independent variables used are brand image and brand trust. The intervening variable is convenience, and the dependent variable is the study decision. The number of samples used was 90 using the saturated sample method. Data collection was done using a Likert scale questionnaire. The data analysis technique uses SEM-PLS. The results showed that brand image, brand trust, and convenience had a positive and significant effect on study decisions at the Overseas Training Centre (OTC) in Denpasar. Brand image and brand trust have an indirect effect on study decisions through convenience at the Overseas Training Centre (OTC) in Denpasar. Convenience plays a partial role in the influence of brand image and brand trust on study decisions at the Overseas Training Centre (OTC) in Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, S., & Irawan, I. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Memilih Kampus Dengan Persepsi Kualitas Sebagai Variabel Interveing. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 549-554.

Aisyah Solehati, S. E. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kepada Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Politeknik LP3I Bandung). Atrabis: Jurnal Administrasi Bisnis (E-Journal), 4(1), 1-9.

Aji, U. S. B., Wulandari, S. Z., & Afif, N. C. (2022). Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Product Knowledge Dan Brand Image Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Universitas Peradaban. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 24(3), 19-29.

Amalia, S. N. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology (Fintech) Syariah (Paytren) Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran (PendekatanTechnology Acceptance Model (TAM) dan Theory Of Planned Behavior (TPB). Iqtishaduna, 9(1), 64-79.

Astuti, A. D. (2020). Fasilitas, Harga, Kualitas Pendidikan, Dan Lokasi Sebagai Determinan Keputusan Siswa Memilih Jasa Pendidikan Di SMK Muhammadiyah Imogiri (Studi Kasus Pada Jurusan Tata Busana). Jurnal Administrasi dan Manajemen, 10(2), 134-140.

Bao, Y. K., & Mea, M. H. C. D. (2020). Reputasi Universitas, Biaya Kuliah, Fasilitas Perkuliahan Dan Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Manajemen Universitas Flores: Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2019. Analisis, 10(2), 104-117.

Cahyono, Y. R., & Gunawan, A. (2024). Pentingnya Memiliki Soft Skill Bagi Calon Pekerja Sebagai Keterampilan Kesiapan Kerja. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(3), 357-361.

Cheng, V., Rhodes, J., & Lok, P. (2013). The mediating effect of brand trust on online reviews and willingness to buy. Journal of E-commerce and Organizations, 11(1), 22–42

Christiane, Behnert. (2019). Investigating The Effects Of Popularity Data On Predictive Relevance Judgments In Academic Search Systems. Doi: 10.1145/3295750.3298978

Dadah Muliansyah, Rima Rahmayanti. 2019 Peranan Kualitas Website Dan Aplikasi Youtube Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Terpadu

Dalam Mempengaruhi Pergeseran Perilaku Konsumen. JOINT (Journal Of Information Technology). 01(02) hal 37-47

Faiza (2023). Brand Image As A Mediating Variable Of The Influence Of Perceived Ease Of Use And Price On Customer Satisfaction. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis Vol. 6 No. 2. Hal 73-82

Faizah, (2022). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Loyalitas Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening Terhadap Penggunaan Aplikasi Warung Pintar. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 10 Nomor 3 hal 82-94

Fakhrudin, A. (2022). Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah Penerbangan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dirgantara, 15(1), 110-121.

Ghozali, (2020) Analisis Multivariate Menggunakan SmartPLS. Semarang. BPFE UNDIP.

Husna (2015) Evaluasi Pelaksanaan Program Pelatihan Kerja Unit Pelaksana Teknis Balia Latihan Kerja (UPTD BLK) Payakumbuh. Disertasi. Universitas Andalas.

Ilyas, I., Maslichah, M., & Hidayati, I. (2023). Pengaruh Promosi, Kemudahan, Literasi Keuangan, Dan Fasilitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung Pada Tabungan Wadiah (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang). El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal, 4(01). Hal 52-63

Jansen, B., Zhang, M., & Schultz, C. (2009). Brand And Its Effect On User Perception Of Search Engine Performance. Journal Of The Association For Information Science And Technology. Https://Doi.Org/10.1002/ASI.V60:8.

Juliana, J., & Johan, J. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Memilih Universitas Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening. J. Bus. Bank, 9(2), 229-246.

Karomi, M. I., & Fahmi, S. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Awareness Bidang Housekeeping Pada Bisnis Akomodasi Di Lombok. Media Bina Ilmiah, 18(9), 2505-2524.

Kotler & Keller (2019). Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT. Indeks

Lubis, D. S. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 183-191.

Meidina, D. L., & Kurniasari, N. (2022). Audience’s Motives and Gratification in Listening to The Podcast. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 3(1), 1-6.

Murti, T. K. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 102-107.

Park, J., Chenghui, X., & Kim, R. (2022). The Effect Of Brand Credibility On Search And Credence Goods: A Cross-Country Analysis Of Korea, China & France. Journal Of International Studies. Https://Doi.Org/10.14254/2071-8330.2022/15-2/13.

Pranadewi, P. M. A. (2018). Motivasi tenaga kerja bali bekerja di kapal pesiar disney cruise line. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 8(2), 23-26.

Pratama (2019). Effect of Perceived Ease of Use, Word-of-Mouth Communication, and Brand Image on Decision to Use Lazada E-Commerce Services. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 6(1):173.

Puspasari, D. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta (Studi Pada Politeknik Perdana Mandiri Purwakarta). Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 339-346.

Putri (2019) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 18 Seluma. Repository IAIN Bengkulu.

Putri, H. Y. (2023). Pengaruh Brand Identity Dan Brand Equity Dimediasi Oleh Brand Trust Terhadap Minat Kuliah Di Politeknik Lp3i Medan (Doctoral Dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Rahmad, Andri D., Et Al. (2017) Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepercayaan Dan Penggunaan SMS Banking (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, Vol. 43, No. 1, Pp. 36-43.

Rahman, M. A., & Samsul, S. (2018). Iklan, Brand Trust Dan Brand Image Sebagai Determinan Dalam Memilih Kampus Uin Alauddin Makassar. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 188-204.

Sahriyanti, H. (2021). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian online tiket pesawat melalui Traveloka. com: Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Saraswati, I. G. A. A. P., & Rahyuda, I. K. (2021). Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(2), 61.

Sari, N. D. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jakarta. Rineka Abadi

Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet Dan Persepsi Manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet OVO. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155-163

Simamora, Y. M., Siagian, H., & Pelawi, P. (2023). Pengaruh Lokasi, Fasilitas Pendidikan dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Memilih Sekolah. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(2), 168-182.

Sugiyono, (2019). Metodologi Penelitian Bisnis.Bandung. Alfabeta

Swandayani, N. K., & Telagawathi, N. L. W. S. (2023). Pengaruh Citra Merk Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Memilih Lembaga Pelatihan Kerja Swasta. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(3), 884-896.

Tamim, Z. (2020). Dampak Moderasi Promosi Medsos Pada Pengaruh Customer Relationship Management Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Kuliah Program Magister Pascasarjana Unisma (Studi Pada Mahasiswa Program Magister Pascasarjana Unisma) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Malang).

Tantra, W., Ayu, M. G., & Cahyani, N. L. P. O. D. (2023). Dinamika Aspirasi Kerja: Lonjakan Antusiasme Masyarakat Bali Untuk Bekerja Di Kapal Pesiar Pasca Covid-19. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS) (Vol. 6, No. 1, pp. 72-76).

Wulandari, S. E., Fauzi, A., & Lubis, A. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Lp3i Medan Kampus Medan Baru. Journal Of Management Review, 3(3), 389-397.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Sunatha Putra, A., Sari, N. P. R., & Suardana, I. W. (2024). Peran Kemudahan Memediasi Hubungan Brand Image, Brand Trust dengan Keputusan Studi di Overseas Training Center(OTC) Denpasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(4), 2687–2696. https://doi.org/10.55681/jige.v5i4.3461