Analisis Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Tamu di Four Seasons Hotel Jakarta

Authors

  • Laurent Agustine Program Studi Hospitality & Pariwisata, Universitas Bunda Mulia, Indonesia
  • Feronika Berutu Program Studi Hospitality & Pariwisata, Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i3.3090

Keywords:

Customer Relationship , customer satisfaction , Four Seasons Hotel Jakarta

Abstract

 Customer Relationship Management adalah metode bisnis yang fokusnya berada dalam pengelolaan hubungan perusahaan terhadap pelanggannya. Tujuan pada penelitian ini ialah memperoleh informasi mengenai bagaimana menerapkan metode Customer Relationship Management yang dilakukan oleh Four Seasons Hotel Jakarta dapat mempengaruhi tingkat kepuasan klien. Pendekatan deskriptif kuantitatif dipilih sebagai jenis metode penelitian dengan teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui penyebaran angket, observasi serta dokumentasi langsung pada objek penelitian. Jumlah sampel sebanyak 100 dengan kriteria pernah berkunjung ke Four Seasons Hotel Jakarta minimal satu kali. Pengujian regresi linier sederhana menggunakan aplikasi olah data SPSS versi 26 untuk memvalidasi hipotesis penelitian. Dengan hasil penelitian yaitu diperoleh hasil bahwasanya CRM mempunyaii pengaruh sebesar 36,8%terhadap Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagasworo, W. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management dan Customer Experience Quality Ter-hadap Customer Loyalty Melalui Customer Satisfaction (Studi pada Konsumen di Tanamera Cafe Jakarta). Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 3(2), 89-99.

Bagasworo, W., & Hardiani, V. (2016). Pengaruh Customer Relationship Management dan Customer Experience Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen di Sisha Cafe Kemang). Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 2(3), 110-118.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.

Bin-Nashwan, S. A., & Hassan, H. (2017). Impact of Customer Relationship Management (CRM) on Customer Satisfaction and Loyalty: A Systematic Review. Journal of Advanced Research in Business and Management Studies, 6(1), 86-107.

Binsar Kristian P, F. A., & Panjaitan, H. (2014). Analysis of Customer Loyalty through Total Quality Service, Customer Relationship Management and Customer Satisfaction. International Journal of Evaluation and Research in Education, 3(3), 142-151.

Bintarto, A., Nurwati, E., & Kristiadi, A. A. (2021). Pengaruh customer relationship management terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan hotel. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1322-1338.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Dewi, A. A. C. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty pada Pelanggan Sushi Tei Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1-9.

Fahmi, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan: Citra Merek, Lokasi Dan Kualitas Produk. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 565-572.

Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1).

Jannah, A., & Mawardi, K. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management Pada Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Terhadap Tamu Domestik HARRIS Hotel & Conventions Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Lin, R. J., Chen, R. H., & Kuan‐Shun Chiu, K. (2010). Customer Relationship Management and Innovation Capability: An Empirical Study. Industrial Management & Data Systems, 110(1), 111-133.

Mamesah, P. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Lucky Inn Manado. Productivity, 1(1), 46-52.

Mira, M. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Pegadaian (Persero) Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian.

Ngai, E. W. (2005). Customer Relationship Management Research (1992‐ 2002) An Academic Literature Review and Classification. Marketing intelligence & planning, 23(6), 582-605.

Panjaitan, H., & Kristian, A. (2014). Analysis of Customer Loyalty Through Total Quality Service, Customer Relationship Management and Customer Satisfaction. International Journal Oo Evaluation and Research in Education, 3(3), 142-151.

Pramuaji, K. A., & Loekmono, L. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian: Quesionnaire Emphaty. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 74-78.

Purniyanto, H. (2019). Penggunaan Standart Operasional Prosedur Room Attendant di Hotel Luminor Surabaya (Doctoral dissertation, Politeknik NSC Surabaya).

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516-524.

Sasangka, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan pada Mini Market Minamart'90 Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 129-154.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104-114.

Setyaleksana, B. Y., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh customer relationship management (crm) terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Sirait, D. P. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan: The Effect of Relationship Management and Service Quality on Customer Satisfaction. Digest Marketing, 3(1), 79-85.

Sutomo, M. Kepuasan Pelanggan Menginap pada Hotel Berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta (Survey Pelanggan pada Hotel Bintang Tiga, Empat dan Lima Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Strategic: Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 10(1), 52-62.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 26(01), 105-122.

Wicaksono, D. R. (2021). Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Di Atria Hotel Malang. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 19-26.

Wijaya, I. K. (2018). Pengertian Regresi Linear Sederhana dan Berganda. Agora, 6(2).

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Agustine, L., & Berutu, F. (2024). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Tamu di Four Seasons Hotel Jakarta. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(3), 2014–2026. https://doi.org/10.55681/jige.v5i3.3090