Pengaruh Nilai Taksir dan Peran Media Sosial terhadap Keputusan Nasabah Menggadai Barang Emas pada Pegadaian Prailiu

Authors

  • Sisilia Ina Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia
  • Tumpal Pangihutan Situmorang Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2834

Keywords:

Pawn Decision, Promotion, Value Estimate

Abstract

The purpose of this study is to explore the influence of appraisal value and the role of social media on consumer decisions in pawning gold goods. This research method also uses non-probability sampling with proposive sampling techniques. The sampling criteria are to pawn gold at the Prailiu branch pawnshop at least 2 or more times and be domiciled in Waingapu. Data analysis using multiple regression, the results showed that the value of estimates and promotions had a significant effect on the decision to pawn gold. This type of research uses a quantitative approach. The population in this study amounted to 80 respondents and this study was conducted by distributing questionnaires directly.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ania, N. faqiatul. (2020). faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas syariah di BRI syariah Kc semarang. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Anisa, S. (2021). Pengaruh Promosi, Nilai Taksiran, Pelayanan, dan Pembiayaan Pemeliharaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Pelayanan Jasa Gadai Emas Syariah (Studi Kasus Pegadaian Syariah Unit Cabang Kamal). Pendidikan Ekonomi, 2, 1–11.

APRIE NURULINA. (2023). Analisis Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service (Pds) Dalam Melayani Transaksi Produk Gadai Dan Non-Gadai Di Pegadaian Kc Purwokerto. 12–46.

Bachmid, S., Musyawarah, I., Hidayah, N. R., & Pratamasyari, D. A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(1), 70–86.

Efendi, J., Maulana, W., & Negara, Y. D. P. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Nasabah Menggadaikan Emas Pada Gadai Mas. Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(3), 37–43.

Harahap, N. F. (2016). Pengaruh harga emas terhadap keputusan nasabah untuk menggadaikan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pegadaian Syariah Sipirok. IAIN Padangsidimpuan.

Hermayuli, S. R. (2022). Pengaruh Nilai Taksiran dan Biaya Mu’nah terhadap Keputusan Nasabah Menggadaikan Emas di Masa Pandemi pada PT Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada PT Pegadaian Syariah KCP Raden Intan Bandarlampung). UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Ikhsan, N., Fadilla, F., & Choirunnisak, C. (2022). Pengaruh Promosi Dan Harga Emas Terhadap Minat Nasabah Produk BSI Gadai Emas (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KC Simpang Patal Palembang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(2), 351–376. https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.86

Kausari, N. (2022). pengaruh nilai taksiran, biaya ijarah, pelayanan terhadap keputusan nasabah melakukan gadai emas di Pt.pegadaian syariah Kc banda aceh. islam negeri ar-raniry banda aceh.

Khairunnisah, K. (2021). Pengaruh Nilai Taksiran Emas Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai Emas Di Bank Sumut Syariah. 9–25.

Khoiriyah, S., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh Metode Penaksiran Gadai Emas Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Bank Syariah Indonesia Kc Surabaya Darmo. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1), 45–59.

Malo, A. S. A., & Situmorang, T. P. (2023). Analisis Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada PT. Marada Kelor Sumba. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 1979–1989.

Mojo, J. K. (n.d.). INTERNET OF THINGS.

Ni’mah, K., Purnomo, J. H., & Hidayati, N. N. (2020). Pengaruh Marketing, Nilai Taksiran Dan Biaya Titip Pada Gadai Emas Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Fasilitas Gadai Emas Di Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Tuban. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 14(1), 1–38. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v14i1.622

Ningsih, S. W. (2018). Pengaruh nilai taksiran terhadap keputusan nasabah menggadaikan emas di PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.

Rahmawati, A. L., & Mutmainah, K. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN ( Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Kebondalem Magelang ). 1(2).

Rida, A. (2019). faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk tabungan emas di pegadaian syariah cabang banda aceh. islam negeri ar-raniry banda aceh.

Sarofim, S., & Tolba, A. (2015). Islamic Marketing. Islamic Perspectives on Marketing and Consumer Behavior, 130–148. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-8139-2.ch006

Situmorang, T. P., & ST, M. M. (2023a). Internet Of Things Dalam Utilitas Pasar. Manajemen Pemasaran (Perspektif Internet Of Things). MANAJEMEN PEMASARAN (PERSPEKTIF INTERNET OF THINGS), 233.

Situmorang, T. P., & ST, M. M. (2023b). KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA. KEWIRAUSAHAAN (ERA SOCIETY 5.0), 97.

Sudirman, A., Naninsih, N., Wairisal, P. L., Putri, M. K., Risambessy, A., Situmorang, T. P., Prabowo, S. H. W., Yuniawati, R. A., Rismayani, R., & Azis, M. (2023). KEWIRAUSAHAAN (ERA SOCIETY 5.0). Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Ina, S., & Situmorang, T. P. (2024). Pengaruh Nilai Taksir dan Peran Media Sosial terhadap Keputusan Nasabah Menggadai Barang Emas pada Pegadaian Prailiu. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(2), 1564–1574. https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2834