Pengaruh Return on Equity, Current Ratio, Sales Growth dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)
DOI:
https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2770Keywords:
Return on Equity, Current Ratio, Sales Growth, Kebijakan Dividen, Nilai PerusahaanAbstract
ABSTRACT
The purpose of this study is to see how return on equity (ROE), current ratio (CR), sales growth (SG), and dividend policy (DPR) affect company value (Tobin's Q). Quantitative methods were used for the study. Research population of companies in the food and beverage industry listed on the Indonesia Stock Exchange from 2018 to 2022. The study sample consisted of 18 companies that met certain criteria and received as many as 90 observations. In the process of analysis and data validity using eviews panel data 12. Panel data analysis includes descriptive statistical tests, regression model selection tests, classical assumption tests, panel data regression tests, and panel data hypothesis result tests. The results of the persial test data (T) explain that Return on equity, Sales Growth, and Dividend Policy have a significant effect on company value, while Current ratio has no effect on company value. While the results of simultaneous test data (F) show that these components, namely Return on equity, Current ratio, Sales growth and dividend policy have a significant effect on company value.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana return on equity (ROE), current rasio (CR), sales growth (SG), dan kebijakan dividen (DPR) mempengaruhi nilai perusahaan (Tobin’s Q). Metode kuantitatif digunakan untuk penelitian ini. Populasi penelitian perusahaan dalam industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018 hingga 2022. Sampel penelitian terdiri dari 18 perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu dan menerima sebanyak 90 observasi. Dalam proses analisis dan validitas data menggunakan data panel eviews 12. Analisis data panel termasuk uji statistik deskriptif, uji pemilihan model regresi, uji asumsi klasik, uji regresi data panel, dan uji hasil hipotesis data panel. Hasil data uji persial (T) menjelaskan Return on equity, Sales Growth, dan Kebijakan Dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sementara Current ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil data uji simultan (F) menunjukkan komponen ini yaitu Return on equity, Current ratio, Sales growth dan Kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Downloads
References
Alfarizi et al., 2023; Amelia & Sembiring, 2023; Amelia Setyawati, Kumala Dyah , Yosar Haritsar, Sutomo, 2022; Andreas et al., 2023; Bernandhi, 2014; Chairunnisa, 2019; Dolontelide & Wangkar, 2019; Hadiwibowo & Sufina, 2022; Juniarti, 2011; Maronrong & Setiani, 2017; Maulana Nur, 2019; Mustaqim et al., 2023; Nafisah et al., 2020; Rengga & Sukmawati Sukamulja, 2013; Rosmita Rasyid, 2019; Setyawati, 2019; Wulandari et al., 2023)(Divna Putri K et al., 2023)
Alfarizi, E. M., Munandar, A., & Pratiwi, A. (2023). Analisis Pengaruh Sales Growth Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Pt. Primarindo Asia Infrastructure Tbk. JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing), 4(1), 249–261.
Amelia, R., & Sembiring, F. M. (2023). Analisis Current Ratio, Return on Assets, dan Ukuran Perusahaan, serta Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan yang Dimediasi oleh Struktur Modal. COOPOTITION Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 333–348. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/3102
Amelia Setyawati, Kumala Dyah , Yosar Haritsar, Sutomo, P. L. (2022). PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSETS TURNOVER DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019). Jurnal Manajemen Purna Iswara, 4, 1–6.
Andreas, N. Y., Fauzi, A., & Sumiati, A. (2023). Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Alamat Institusi Jl. Rawamangun Muka.
Bernandhi, A. M. R. (2014). Pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kebijakan dividen, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 3(1), 177–191.
Chairunnisa, R. (2019). Likuiditas, Aktivitas, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Automotive Yang Terdaftar Di Bei. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 149–160. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v20i2.363
Divna Putri K, Jihan Fijria R, & Qoyyimah Nurhakim. (2023). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Pertumbuhahan Aset Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 382–392. https://doi.org/10.51903/jupea.v2i3.892
Dolontelide, C. M., & Wangkar, A. (2019). Pengaruh Sales Growth dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal EMBA, 7(3), 3039–3048.
Hadiwibowo, F., & Sufina, L. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 8(1), 18. https://doi.org/10.35384/jemp.v8i1.265
Juniarti, E. (2011). 1359-2496-1-Sm. 31–40.
Maronrong, R., & Setiani, R. 2017. (2017). Pengaruh Likuiditas, Financial Leverage, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan-Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 14(01), 186–197.
Maulana Nur, D. (2019). Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponennya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). 2010. www.idx.co.id
Mustaqim, I., Lasmanah, & Rizka Estisia Pratiwi. (2023). Pengaruh Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(2), 14–29. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i2.8775
Nafisah, N. I., Halim, A., & Sari, A. R. (2020). Pengaruh Return on Assets (Roa), Debt To Equity Ratio(Der), Current Ratio (Cr), Return on Equity (Roe), Price Earning Ratio (Per), Total Assets Turnover (Tato), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 6(2), 1–17. https://doi.org/10.21067/jrma.v6i2.4217
Rengga, A., & Sukmawati Sukamulja. (2013). Analisis kinerja keuangan perusahaan-perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2000 – 2013. Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1–15.
Rosmita Rasyid, R. E. (2019). Pengaruh Firm Size, Profitability, Sales Growth, Dan Leverage Terhadap Firm Value Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Pada Tahun 2015-2017. Jurnal Paradigma Akuntansi, 1(2), 468. https://doi.org/10.24912/jpa.v1i2.5016
Setyawati, W. (2019). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Moderasi. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 2(2), 214. https://doi.org/10.32493/jabi.v2i2.y2019.p214-240
Wulandari, T., Pratiwi, L. N., Ruhana, N., & Pakpahan, R. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan: Komparasi Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 3(2), 425–435. https://doi.org/10.35313/jaief.v3i2.3851
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alifa Mei Ajeng Rahayu, Dwi Eko Waluyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.