Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah LPD Desa Adat Padang Luwih Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung
DOI:
https://doi.org/10.55681/jige.v5i2.2671Keywords:
Kualitas pelayanna, kepuasan, kepercayaan, loyalitasAbstract
Customer loyalty plays a critical role in facilitating economic activity at the village level, particularly in terms of lending and depositing funds. Customer loyalty contributes to the sustainability and stability of LPDs. The purpose of this study was to analyze the effect of service quality, satisfaction, and trust on customer loyalty. The number of samples used was 100, using the accidental sampling method. Data collection was done using a Likert scale questionnaire. This type of research is quantitative. The data analysis technique uses multiple linear regression analyses. The application used is Smart PLS. Hypothesis testing is done using the t test and the F test. The results showed that service quality has a positive and significant effect on customer loyalty, satisfaction has a positive and significant effect on customer loyalty, and trust has a positive and significant effect on customer loyalty. Service quality, satisfaction, and trust simultaneously have a positive and significant effect on customer loyalty at LPD Desa Adat Padang Luwih. The contribution of service quality, satisfaction, and trust to customer loyalty is 85.6 percent. It is recommended to improve service quality, satisfaction, and trust.
Downloads
References
Agusti, abidin, sayida, 2021 implementasi pelayanan dalam meningkatkan loyalitas nasabah pada usaha simpan pinjam “swamitra perintis” desa sido mukti kecamatan dendang. jurnal ekonomi manajemen sistem informasi Vol 3 No.2 Hal 38-46
Aini, T. N. 2020. Pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan komitmen sebagai variable intervening. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 88-98.
Aldatya, R., Suharyati, S., & Nastiti, H. 2021. Pengaruh citra dan kepercayaan terhadap loyalitas pada e-commerce shopee. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1709-1725.
Anggraini, F., & Budiarti, A. 2020. Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.
Arianto, N. 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. KREATIF, 7(1), 44-54.
Arif, M. S. Z. 2020. Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), 472-481.
Atmaja, I. P. D., Kawiana, I. G. P., & Sugianingrat, I. W. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(1), 284-294.
Atmaja, J. 2018. Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49-63.
Dewi, M. P. 2020. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada RM. Wongsolo Malang. Iqtishoduna, 16(2), 167-190.
Dewi, N. M. H., & VS, N. N. A. A. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(2), 412-425.
Fadhila, N. A., & Diansyah, D. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening di Klinik Syifa Medical Center. Media Studi Ekonomi, 21(1). Hal 73-85
Haryono, N., & Octavia, R. 2020. Analisis pengaruh citra merek dan mutu layanan terhadap kepuasan konsumen serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen. Jurnal Industri Elektro Dan Penerbangan, 4(2). Hal 81-92
Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. 2019. Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171-176.
Hermawati, A. 2023. Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 1(1), 14-28.
Kawiana, I. G. P., & Astrama, I. M. 2022. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 779-787.
Kurniawan, R., & Monica, M. 2022. Analisis Pengaruh Kepuasan, Motivasi, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Masyarakat Lokal Pada Pusat Perbelanjaan di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 549-562.
Listyawati, I. H. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata, Citra Destinasi, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 6(2), 35-44.
Lubis, A., Effendi, I., & Rosalina, D. 2022. Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 896-902.
Muhtarom, A., Syairozi, M. I., & Yonita, H. L. 2022. Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada UMKM SKCK (Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah) Metode Structural Equation Modelling (SEM)-Partial Least. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 10(S1), 391-402.
Murhadi, W. R., & Reski, E. C. 2022. Pengaruh e-service quality, kesadaran merek, kepercayaan, word of mouth, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 229-240.
Octavia, R. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35-39.
Partha, P. A. S. T. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Nasabah Lembaga Perkreditan Desa. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(4), 1151-1158.
Pramesti, I. G. A. A., Endiana, I. D. M., & Ardilia, D. P. D. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Lembaga Perkreditan Desa. In Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB) (Vol. 2, No. 1, pp. 309-324).
Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. 2019. Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(4), 102-115.
Risal, T. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Bmt Kampoeng Syariah. Manajemen dan Bisnis, 1(1). Hal 62-76
Rohana, T. 2020. Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28-32.
Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. 2020. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(2), 231-240.
Sasongko, S. R. 2021. Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104-114.
Sukantar, I. P. D., & Sugianingrat, I. W. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah LPD Desa Adat Samuan di Carangsari Petang. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(1), 271-283.
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. 2020. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 61-73.
Suputra, G. A. 2020. Peran Kepuasan Memediasi Pengaruh Citra LPD Terhadap Loyalitas Nasabah LPD Desa Adat Abiantuwung Di Tabanan. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(2), 92-101.
Suwarsito, S., & Aliya, S. 2020. Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(1), 27-35.
Widnyana, I. W., & Suarmanayasa, I. N. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Pada LPD. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2), 181-191.
Widyarini, N. M. M., & Sanjaya, P. K. A. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Mengening Kabupaten Badung. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(2), 471-478.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putra Jimbaranto Gede, I Made Sumada, Gede Wirata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.