Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2384Keywords:
Interactive Learning Multimedia, Articulate Storyline, Pancasila Student ProfileAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terintegrasi Profil Pelajar Pancasila materi keragaman Indonesia SD. Penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, yang memiliki 5 tahapan, yaitu 1) Analyze, 2) Design, 3) Develop, 3) Implement, dan 5) Evaluate. Observasi, wawancara, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam pemgembangan pembelajaran interaktif adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Uji validasi dilakukan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan multimedia pembelajaran oleh para ahli, memperoleh persentase rata-rata 82,6%. Masing-masing ahli memperoleh penilaian akhir, diantaranya 1) ahli media 72%, 2) ahli materi 86%, 3) ahli pembelajaran 86,7%, dan ahli bahasa 86%. Uji coba terbatas dilakukan pada guru dan 21 peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Sidorejo dengan hasil persentase 88% dan 85,72%. Multimedia pembelajaran interaktif dari hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran kelas IV SD yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Multimedia pembelajaran ini juga berdampak positif untuk mengenalkan keragaman Indonesia, sehingga menimbulkan toleransi dengan perbedaan yang ada, selain itu juga meningkatkan semangat belajar peserta didik.
Downloads
References
Af’idati, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Muatan IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 2(1), 22–33.
Andriyanto, Utaminingsih, R., & Nisa, A. F. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan Volume, 7(1), 115–128. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/14729
Djamilah, Atiqoh, & Suhari. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Suhu dan Kalor Berbasis Metakognisi Terintegrasi dengan Karakter Profil Pelajar Pancasila di SMP Islam Terpadu AT-Taqwa Surabaya. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5), 3816–3828. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11895
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Gymnastiar, A., Nur A’fiani, N., Ramadhan, N. B., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Untuk Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1241–1248. https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam
Hadi, N., Hanafi, S., & Suherman, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mading Digital Padlet untuk Meningkatkan Motivasi dan Budaya Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8614–8625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3839
Hasyim, A., & Hayati, N. A. (2023). Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 297–303. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.555
Hidayat, A. S., Dlis, F., & Hanief, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Atletikk Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. CV. Sarnu Untung.
Husain, R., & Ibrahim, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1365–1374. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1365-1374.2021
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaram Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://www.kompas.id/baca/ opini/2021/02/05/tentang-profil-pelajarpancasila
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116
Mahmud, & Cempaka, M. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Augmented Reality (AR). Jurnal Kajian Dan Pengembangan …, 5(2), 154–167. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3818
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.31764/am.v2i2.13098
Maryani, I., Prasetyo, Z. K., & Wilujeng, I. (2022). Pengembangan Pembelajaran IPA Model Mishe (Metacognition in Science for Higher Education) Untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Mahasiswa. Program Studi Ilmu Pendidikan Pascasarjan Universitas Negeri Yogyakarta.
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(01), 45–54.
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Jejak.
Nurjanah, I., Mudopar, & Rahayu, I. (2022). Komik Digital Berbasis Keberagaman Budaya Indonesia Sebagai Media Literasi Siswa Sekolah Dasar. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 98–107. https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i2.8230
Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Edu Publisher.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.
Purwati, & Faiz, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1032–1041. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13022
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurbal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653
Rezania, V., Fihayati, Z., Amrullah, M., Ambarwati, F. I., & Hadian, N. S. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru SD Muhammadiyah 5 Porong. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1415–1419. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10273
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Sembiring, I. B., Hadi, W., Pramuniati, I., & Medan, U. N. (2023). Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi SDGs di SDN 101867 Paya Gambar. 2(April), 1082–1091.
Sianipar, M., Fahrurrozi, & Herlina. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dongeng Pada Kelas III di SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4269–4278. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11692
Sulistyan, N. P. T., Maria Goreti Rini Kristiantari, & Nengah Arnawa. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Pada Topik Rangkaian Listrik Untuk Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 25–37. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.654
Susilawati, W. O., Veriyani, F. T., Pratiwi, Y., Sari, T. A. N., & Riani, S. (2022). Pengembangan Buku Ajar Digital PPKn SD Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 187–201. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.452
Suyahman. (2021). Media Pembelajar PPKn SD. Lakeisha.
Syafira, A., Jamaludin, U., Taufik, M., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Jenis Usaha Ekonomi dan Pengaruh Kegiatan Ekonomi di Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(2), 185–198. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD
Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 62–71.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lisa Retnasari, Suroto, Aim Abdulkarim, Yayuk Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.