Analisis Persepsi dan Preferensi Masyarakat Muslim dan Non-Muslim terhadap Pemberian Label Syariah pada Bank NTB Syariah di Pulau Lombok (Studi di Kota Mataram)

Authors

  • Indah Firgina Sari Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Selly Febriana Putri Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Muh. Azkar Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2166

Keywords:

Response, Tourists, Tour Guides

Abstract

This research aims to find out how tourists respond to tour guides in the Sade traditional tourist village, Rembitan village, Pujut sub-district, Central Lombok. This research uses a qualitative approach method and the type of data used is descriptive qualitative and the data sources used are primary data and secondary data. Then data collection techniques use interviews, observation and documentation. Checking the validity of the data uses extended participation, triangulation, and peer checking. The data analysis technique in this research involves carrying out several stages, namely data collection, reduction, data presentation and drawing conclusions. The results obtained in this research are that tourists' responses to Sade traditional tour guides are very positive. Tour guides treat and provide good service to tourists who visit during the tour. The tour guide is very knowledgeable about information about traditional Sade tourist destinations, because the tour guide is a native of Sade hamlet. The tour guide's knowledge and attitude includes aspects of competence, showing self-confidence and a friendly attitude towards tourists. However, regarding the ability to communicate in foreign languages, not all tour guides can communicate well, there are still tour guides who are hampered by speaking English due to the minimal level of education they have taken.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Muri Yusuf, PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Jakarta: Pramedia Group, 2016), Alisuf Sabri, Psikologi Umum Dan Perkembangan, (Jakarta: Pedoman Jaya, 2004).

Abdurrahmat Fathoni, Metodelogi Penelitian & Tehnik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rieneka Cipta,2006).

Ahmad Subandi, Psikologi Sosial, (Jakarta: Bulan Bintang, 1982)

Amrina Fitri Rahmawati, “Pola Komunikasi Pemandu Wisata (Guide) Kampung Wisata Batik Kauman Suarakarta” (Journal of Rural and DevelomentFSIP Universitas Sebelas Maret Surakarta), Vol. V, Nomor 15, Agustus 2014.

Andika (Wisatawan Domestik) Wawancara, Desa Wisata Sade ,6 Juni 2021

Andri (Wisatawan Lokal), Wawancara, Desa Wisata Sade, 17 Juni 2021

Annisa Rizqa Alamri dan Fachry Arsyad, “Respon Sosial Ekonomi Masyarakat Lokal terhadap Kawasan Wisata Pulau Oile Kabupaten Gorontalo Utara”, (Jurnal Ilmu SosialFakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gorontalo), Vol. 8 No. 1 2019.

Arofiq (Wisatawan Domestik) Wawancara , Desa Wisata Sade, 6 Juni 2021

Bagas (Wisatawan Lokal), Wawancara, Desa Wisata Sade, 17 Juni 2021

Bimo Walsito, Psikologi umum, (Yogyakarta: UGM.1999).

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).

Damardjati, Istilah-Istilah Dunia Pariwisata, (Jakarta: PT Pradnya Paramita, 2001).

Dilla Pratiyudha Sayangbatti dan M. Baiquni, “Motipasi dan Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Kembali di Kota Wisata Batu” (Jurnal Nasional PariwisataMagister Kajian Pariwisata, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah) Vol. 5, Nomor 2, Agustus 2013

Direktorat Jenderal Pariwisata, Pengantar Pariwisata Indonesia, dalam Muljadi A.J (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2009).

Dita (Wisatawan Lokal) Wawancara, Desa Wisata Sade, 6 Juni 2021.

Dokumentasi Sade Village Information Map, data diambil tanggal 6 Juni 2021

Dokumentasi, Nilai Sikap Sosial, data diambil tanggal 6 Juni 2021

Dokumentasi, Visi dan Misi Wisata Adat Sade, data diambil tangga l6 Juni 2021

Dwi Handayanti (Wisatawan Domestik), Wawancara, Desa Wisata Sade, 6 Juni 2021.

Effendy Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi dan Praktek, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya . 2000)

Fiki Nurrohman Amin Sahara, dkk, “Analisis Motivasi Berkunjung Wisatawan Dan Tingkat Pengetahuan Wisatawan Tentang Produk Industri Kreatif Sektor Kerajinan” (Jurnal Administrasi BisnisFakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang), Vol. 35, Nomor 2, Juni 2016.

Fitri (Wisatawan Lokal) Wawancara, Desa Wisata Sade, 6 Juni 2021.

Fizi (Wisatawan Lokal), Wawancara, Desa Wisata Sade, 17 Juni 2021

Hassan Alwi dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia:Departemen Pendidikan, Edisi Ketiga (Jakarta: Balai Pustaka, 2005).

HB Miles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (diterjemahkan TR Rohidi. Jakarta: UI Pres1992).

Hilman Hadi Kusuma, Metode Pembuatan Kertas Kerja atau Skripsi Ilmu Hukum, (Bandung: Mandar Maju, 1995).

Ikhsan Budi Setiawan, “Respon Masyarakat terhadap Pembangunan Jalan Kereta Api Di Desa Bagan Sinembah Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilr” (JOM FISIPJurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau), Vol. 4, Nomor 2, Oktober 2017.

Jalaludin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya. 1999.

Jhon M. Echoles dan Hassan Shadily, Kamus Besar Bahasa Inggris-Indonesia, Cet. Ke-27 (Jakarta : PT.Gramedia, 2003).

Jusuf Soewadi, Pengantar Metodologi Penelitian, (Jakarta: Mitra Wacana Media,2012).

Kai (Wisatawan Mancanegara) Wawancara , Desa Wisata Sade, 6 Juni 2021.

Kevin (Wisatawan Domestik) Wawancara, Desa Wisata Sade ,6 Juni 2021.

Kurdap Selake (Kepala Suku ), Wawancara, Desa Sade, 26Mei 2021.

Lexy J, Meleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2007).

Lexy J, Meleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014).

M Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi Fromat-format Kuantitatif dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi Manajemen dan Pemasaran, (Jakarta: Kencana Pranada Media Group, 2013).

Manda (Wisatawan Domestik), Wawancara, Desa Wisata Sade, 17 Juni2021

Moleong, Lexy J, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012).

Muchlisa Riska Utami, “Pengaruh Komunikasi Pramuwisata Terhadap Perilaku Wisatawan di Museum La Galigo”, (Skripsi, FDK UIN Alauddin Makassar, Makassar,2017).

Muhammad Deni dan Sri Winarni, “Pengaruh Pramuwisata dan Promosi terhadap Kunjungan Wisatawan Kota Palembang”, (Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Palembang), Vol. 15 (1) 201, hlm.1

Muljadi A, JKepariwisataan dan Perjalanan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009).

Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, (Bandung: Tarsito,2002)

Parasuraman, Manajemen Pemasaran Jasa, (Teori dan Praktek, (Depok: Salemba Empat 2001)

Ratih (Wisatawan Domestik), Wawancara, Desa Wisata Sade, 17 Juni 2021

Ratih Melastiwi Purwaningsih, “Pengaruh Kepuasan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Candi Prambanan” (Jurnal Nasional PariwisataMagister Kajian Pariwisata Universitas Gadjah Mada), Vol. 5, Nomor 3, Desember 2013.

Riri (Wisatawan Lokal), Wawancara, Desa Sade, 4 Februari 2021.

Save D. Dagun, Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, (Jakarta : Lembaga Pengkajian dan Kebudayaan Nusantara, 1997).

Shinta N Sampelan”Pramuwisata di Kota Manado”, (Jurnal Halistik) Vol. VIII, Nomor 15 Januari-Juni 2015.

Soenarjo dan Djoenarsih S. Soenarjo, Himpunan Istilah Komunikasi, Yogyakarta: Liberty.1983

Stanley Oktavianus P, “Respon Karyawan PT. Pembangkitan Jawa Bali Mengenai Isi Media Internal Info PJB” (Jurnal E Komunikasi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya), Vol. 5, Nomor 1, 2017

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010).

Supardi, Bacaan Cerdas Menyusun Skripsi, (Yogyakarta: Kunia Kalam Semesta 2011).

Suyitno, Pemandu Wisata (Tour Guiding) (Yogyakarta: Graha Ilmu 2005).

Tumbel Brenda Brighta, dkk, “Pengaruh Pengetahuandan Keterampilan Tour Guide Terhadap Kepuasan Wisawatan di Bunaken” (Jurnal EMBAFEB Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado), Vol. 6, Nomor 2, April 2018.

Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, (Undang-Undang Republik Indonesia).

Undang-Undang No. 9Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, (Undang-Undang Republik Indonesia).

W. Citra JuwitaSari “Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Lokal di Taman Wisata Sangeh Bali”, (Skripsi, Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Denpasar, Denpasar, 2017).

Wanda Azizah (Wisatawan Lokal), Wawancara, Desa Wisata Sade, 4 Februari 2021.

Wardiyanta, Metode Penelitian Pariwisata, (Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2006).

Yoeti, OkaA, Guiding System, (Jakarta: PT Pradnya Paramita 1991).

Zahratul Wardiah (Wisatawan Domestik) Wawancara , Desa Wisata Sade, 6 Juni 2021.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Sari, I. F., Putri, S. F., & Azkar, M. (2024). Analisis Persepsi dan Preferensi Masyarakat Muslim dan Non-Muslim terhadap Pemberian Label Syariah pada Bank NTB Syariah di Pulau Lombok (Studi di Kota Mataram). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(1), 382–392. https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2166