Pengaruh Fasilitas Penunjang Kawasan Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Wisata Pantai Ampenan)

Authors

  • Saudari Warti Andini Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Muh. Salahuddin Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Pongky Arie Wijaya Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2165

Keywords:

Facilities, Tourist Attraction, Visitor Satisfaction

Abstract

This study aims to determine the effect of tourism support facilities on visitor satisfaction. The population in this study were visitors to the Ampenan Beach Tourism object. The sample used was 100 respondents. Sampling using nonprobability sampling technique, namely incidental sampling technique. Data analysis using simple linear regression analysis techniques, F test and t test. The results show that there is a significant influence between facilities on tourism and visitor satisfaction at Ampenan Beach is 54.7% while 45.3% is influenced by other factors with the determinant coefficient value (R Square) is 0.547 and a significance value of 0.000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir L.M, Perkembangan Pengusahan Objek Wisata Alam dan Wisata Baru, Asosiasi Watwari: 1995.

Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Bandung: 2007.

Anjar Hari Kiswanto, “Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Dampo Awang Beach Rembang”, (Skripsi pada JurusanManajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, 2011).

Annisa Retno Utami dan Farida,“Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan pengguna Perahu Motor Kayu ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta”, Universitas Sahid Jakarta, Vol 12, Nomor 1, April 2020.

Christian Lallo,dkk, “Persepsi Wisatawan terhadap Fasilitas Infrastruktur di Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Propinsi Papua Barat”. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Edi Purwo Saputro, dkk, Prospek Kepariwisataan dan Daya Tarik Daerah Tujuan Wisata, Jurnal Benefit: 2006.

Fima Rosida, “Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Kunjungan Wisata di Pantai Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat“, (Skripsi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2018).

Fredy Rangkuti, Measuring Customer Satisfaction, Gramedia Pustaka Utama, (Jakarta: 2006). HaryHermawan, “Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan”. Open Sciene Framework: 2018.

Ibnu Al Taufiq, “Kepuasan Pengunjung terhadap Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Rumah Makan di Pantai Drini Kabupaten Gunungkidul”, (Skripsi pada Program Studi Pendidikan Teknik Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016).

Joko Rizkie Widokarti, dkk, “Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam In pariwisata”, Alfabeta, Bandung: 2019.

Jonathan Sarwono, “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Kurnia Alam Syah Effendy Harahap, "Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung di Museum Ronggowarsito Semarang”, FEB Universitas Dian Nuswantoro: 2014.

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Pahrul irfan dan Apriani, “Analisa Strategi Pengembangan E-Tourism sebagai Promosi Pariwisata di Pulau Lombok”, STMIK Bumigora Mataram, Vol 9 Nomor 3 Desember 2017.

Paradnya Paramitha dan Sri Raharso, “Faktor-Faktor yang mempengaruhi Kepuasan dan Kesetiaan Wisatawan”. Jurnal Bisnis Strategi :2005.

Philip Kotler,“Manajemen Pemasaran”, Jilid 2, Edisi13, Ahli Bahasa Benyamin Molan, Prehallindo Jakarta: 2009.

Philip Kotler, dkk, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, EdisiAlih Bahasa Benyamin Molan, Jakarta: 2008.

Rambat Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Salemba Empat, Jakarta: 2001.

Rezki Teguh Sulistiyana dkk, “Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa)”, FIA Universitas Brawijaya Malang, Vol. 25 No. 1 Agustus 2015.

Rizal Kurniansah dan Muhammad Sultan Hali, “Kajian Potensi Pariwisata Perkotaan (Urban Tourism) sebagai Daya Tarik Wisata kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat”, STP Mataram. Vol. 13 No.2 September 2018.

Rosita dkk, “Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta", Universitas Pendidikan Indonesia, Vol.13, No.1, April 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : Alfabeta, 2019.

Surajiyo, dkk, Penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori, dan Aplikasi (Menggunakan IBM SPSS 22 For Windows), Yogyakarta: 202.

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif, Kencana, Jakarta: 2014. Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa, Yogyakarta : 2006.

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Andini, S. W., Salahuddin, M., & Wijaya, P. A. (2024). Pengaruh Fasilitas Penunjang Kawasan Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung (Studi Kasus Wisata Pantai Ampenan). Jurnal Ilmiah Global Education, 5(1), 533–542. https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2165