Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Dagadu Djokdja Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Muhammad Ansar Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • IBN Udayana Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia
  • Bernadetta Diansepti Maharani Program Studi Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2137

Keywords:

Brand Awareness, E-WoM, Purchase Decision, Purchase Interest, Social Media Marketing

Abstract

This research aims to analyze the influence of Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth (E-WoM), and Brand Awareness on Purchase Decisions for Dagadu Djokdja products through Purchase Interest as an intervening variable. This type of research is quantitative research and the sampling technique uses purposive sampling with a sample of 160 respondents. Data collection was carried out through distributing questionnaires and processing them using the SPSS application. The results of this research indicate that Purchase Interest can mediate the influence of Social Media Marketing, E-WoM, and Brand Awareness on Purchase Decisions for Dagadu Djokdja products. Meanwhile, the results of the t-test (partial test) show that Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth (E-WoM), and Brand Awareness each have a significant influence on Purchase Interest, and the Purchase Interest variable has a significant influence on Purchase Decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Karem, M., & Thabit, T. (2021). The New Era of Marketing Impact of Social Media Influencers on e-Marketing. Icafs, 1–6. https://doi.org/10.24086/afs2020/paper.298

Apprilia, R. D., & Dwijayanti, R. (2021). Kecintaan Merek Lokal, Fashion Lifestyle, dan Minat Beli Sebagai Pembentuk Keputusan Pembelian Sneakers Ventela. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 14. https://doi.org/10.24036/011120470

Ardhiansyah, A. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh social media marketing dan e-wom terhadap minat beli produk geoffmax the effect of social media marketing and e-wom on interest to buy geoffmax products. Akuntabel, 18(3), 379–391. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL

Christian, J., & Mariah, M. (2022). Pengaruh Price Perception, Social Media Marketing, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kertas Titik Koma. 9(1), 32–39.

Fadhilah, M., Dwi Cahya, A., & Maulida, P. (2022). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Influencer dan Sosial Media Instagram Pada Busana Muslim id Maera Indonesia Bandung. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1011–1025. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1467

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147

Giovani, R. R., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Pitstop Gresik. Revitalisasi, 11(1), 10. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v11i1.2410

Gunanjaya, C. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas, dan Kemasan terhadap Minat Beli Rovance. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up BisnisVolume 5, Nomor 4, Oktober 2020.

Innayah, E. P. (2022). Pengaruh Elecronic Word of Mouth (E-WoM) Pada Media Sosial Terhadap Niat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Brand Image Dan Trust Sebagai Variabel Mediasi Di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Jennifer, & Saputra, A. (2021). Pengaruh Brand Awareness Dan Promosi Online Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(4).

Julianto, E. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.146

Julianto, E. T. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. 1(4), 16–29.

Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022a). Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. Jurnal Bisnis Perspektif (BIP’s), 14(1), 11–28.

Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022b). Pengaruh Instagram dan E-WoM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. Jurnal Bisnis Perspektif (BIP’s), 14(1), 11–28.

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J. Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25.

Mahmudah, L. S. (2021). PENGARUH STRATEGI PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada Warung MamamYuu Kediri).

Osman, I. R., & Wulandari. (2018). Brand Awareness Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Brand Awareness and Promotion of Consumer Purchase Interest and Its Impact on Purchase Decisions. 5(2), 1–10.

Rahmawati, Anita. Fitri, Z. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup Dan Media Sosial Marketing Erhadap Minat Beli Produk Moslem Fahion Di Butik Icha Collection Kalinyamatan Jepara. Bulletin of Management Business, 2(2), 137–150.

Sanjaya, A. S. (2021). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Climatethirty. Performa, 5(4), 272–278. https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1780

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.47

Serepina, M. G. (2020). ANALISIS PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL, BRAND AWARENESS, DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA INDODINER.

Sholihin, R. I. (2021). PENGARUH PEMASARAM MEDIA SOSIAL, KESADARAN MEREK, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA EBONI WATCH.

Simamora, A. K. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE MS GLOW PADA GENERASI MILENIAL.

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329

Udayana, I. B. N. (2015). the Effect of Product Innovation, Endorsements and Reputation Relation with Brand Image and Brand Awareness Toward Affirmative of Purchase Decision. Journal of Management and Business, 14(1), 13–29. https://doi.org/10.24123/jmb.v14i1.301

Udayana, I. B. N., & Ferawan, A. Y. (2023). Pengaruh Emotional Content, Perceived Product Quality dan Perceived Empathy terhadap Purchase Decision Olive Fried Chicken di Glagahsari Yogyakarta. 5, 709–725.

Welsa, H., Dwi Cahyani, P., & Meidyansyah, F. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1026–1036. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1471

Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram @carubanmangan. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 212–230. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.897

Downloads

Published

2024-03-19

How to Cite

Ansar, M., Udayana, I., & Maharani, B. D. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Dagadu Djokdja Melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(1), 280–293. https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2137