PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA

Authors

  • Ermila Mahariyanti Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Irwansah Institut Pendidikan Nusantara Global
  • Fena Prayunisa Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.170

Keywords:

Treffinger, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan dua perlakuan, yaitu perlakuan pertama berupa penggunaan model pembelajaran Treffinger dan perlakuan lainnya menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Terdapat satu variabel terikat yang diamati, yaitu keterampilan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Selong dan yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas X. 2 dan X. 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa di SMAN 3 Selong. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hipotesis menggunakan uji T, yaitu dengan nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,003 < 0,05. Hal tersebut berarti bahwa penggunaan model pembelajaran treffinger  berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Mahariyanti, E., Irwansah, I., & Prayunisa, F. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.170