PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.170Keywords:
Treffinger, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan dua perlakuan, yaitu perlakuan pertama berupa penggunaan model pembelajaran Treffinger dan perlakuan lainnya menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Terdapat satu variabel terikat yang diamati, yaitu keterampilan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Selong dan yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas X. 2 dan X. 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa di SMAN 3 Selong. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hipotesis menggunakan uji T, yaitu dengan nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,003 < 0,05. Hal tersebut berarti bahwa penggunaan model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.