PERBANDINGAN PENGARUH LATIHAN PULL UP DAN PUSH UP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN CHEST PASS EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET

Authors

  • Zakir Burhan
  • Herlina Institut Pendidikan Nusantara Global

DOI:

https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.168

Keywords:

Pull Up, Push Up, Chest Pass, Bola Basket

Abstract

Permainan bola basket merupakan salah satu diantara banyak cabang olahraga yang populer di masyarakat. Bola basket dikenal dengan istilah Passing, yaitu mengoper bola dengan satu atau ke dua lengan. Agar menjadi pemain yang baik, dibutuhkan penguasaan teknik dasar yang baik, salah satunya adalah chest pass. Kurangnya kemampuan siswa ekstrakurikuler dalam melakukan gerakan chest pass menjadi topik peneliti untuk mengkaji lebih mendalam sehingga penulis menganggap bahwa, tidak adanya  perhatian penting  untuk  komponen  kekuatan dalam melakukan gerakan sedangkan kemampuan kekuatan menjadi daya dorong yang begitu penting. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui adakah pengaruh latihan pull up dan push up terhadap peningkatan ketermpilan chest pass pada permainan bola basket putra SMAN 1 Praya Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan randomized pretest posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Sekolah Menengah Atas dengan sampel sebanyak 30 Siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif model distribusi frekuensi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan rumus uji t. Berdasarkan analisis data pada uji t didapat jika t hitung > t tabel atau 78.41> 1,76 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, metode dengan latihan push up lebih efektik dibandingkan dengan latihan pull up.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Burhan, Z., & Herlina, H. (2022). PERBANDINGAN PENGARUH LATIHAN PULL UP DAN PUSH UP TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN CHEST PASS EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 48–52. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.168