Penerapan Strategi Tutor Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Pemesinan Bubut Di SMKN 1 Kaligondang

Authors

  • Didik Winarso Megister Pendidikan Guru Vokasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Budi Santosa Teknik Informatika, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Yoga Sahria Megister Pendidikan Guru Vokasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3214

Keywords:

Classroom Action Research, Group Discussion, Group Presentation, Light Vehicle Engineering, Learning Quality

Abstract

This research aims to improve the activity and learning outcomes of students in grade XI TP2 SMKN 1 Kaligondang through  the Peer Teaching (Peer Tutor) learning method. The method used is Classroom Action Research (PTK) which is carried out in two cycles. Each cycle includes the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The results of the study showed an increase in student learning activity from cycle I to cycle II with an average increase of 8.76%. In addition, student learning outcomes also increased with classical completeness reaching 88.88% in cycle II

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggorowati, N. P. (2011). Penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran sosiologi. Komunitas, 3(1).

Amri, N. U. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Ceramah pada Materi Barisan Aritmatika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2774

April, V. N., & Soenyoto, T. (2018). Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar dribbling sepakbola pada anak berkebutuhan khusus (ABK) The. Journal of Physical Education, 1(1), 1–15. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka/article/view/10544/4637

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis). Jakarta: Rineka Cipta.

Falah, I. F. (2014). Model pembelajaran tutorial sebaya: telaah teoritik. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 12(2), 175-186.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. https://idiscover.lib.cam.ac.uk/primo-explore/search?query=any,contains,

Handayanto, Supriyono K, dkk. 2007. “Pola Interaksi Kelompok Teman Sebaya dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Konsep Fisika Siswa SLTP di Kota Malang”. Jurnal MIPA UM. 36 (1): 49-67.

Iskandar, R. (2019). Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan: CV Jejak (Jejak Publisher).

Khotimah, K., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tuntas dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2),77. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.301.

McKay, P. (2006). Assessing Young Language Learners. Cambridge: CambridgeUniversityPress.&tab=cam_lib_coll&search_scope=SCOP_CAM_ALL&vid=44CAM_PROD&offset=0

Najib Sulhan. 2010. Manajemen Pembelajaran Menuju Sekolah Efektif. Penerbit Surabaya Intelektual Club.Surabaya.

Noor, Mas Apriyan. 2005. “Penerapan Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Sistem Ekskresi Guna Peningkatan Keaktifan dan Perolehan Kinerja Siswa

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMAN 1 Pasaman. Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 951–952. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127.

Parno. 2006. “Pendekatan Kontekstual Model Pembelajaran Kelompok Pola Tutorial Sebaya dalam Mata Kuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah untuk Meningkatkan Pemahaman Fisika Sekolah”. Jurnal MIPA UM. 35 (1): 29-42.

Sabaruddin. (2009). Skripsi. Peranan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN Inpres Karawa Kab. Pinrang Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Surakhmad, Winarno. 1994. Metode Pengajaran. Jakarta: Depdikbud

Sembiring, M. G. (2009). The Art of Great Teaching Series. Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati. Perpustakaan Nasional RI Katalog Dalam Terbitan. Best Publisher.Yogyakarta

Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sunarto.(2019).Pengertian Prestasi Belajar. Book. http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar

Sutamin. 2007. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP 2 Kudus Melalui Implementasi Metode Pembelajaran dengan Tutor Sebaya pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Tahun Pelajaran 2006/2007”. Skripsi. Semarang: UNNES. (Online), (http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH0195/0d0bc998.dir/doc_2.pdf, diakses tanggal 08 Juni 2011).

SUTIANAH, D. C., PD, S., & PD, M. (2022). Belajar dan pembelajaran: Penerbit Qiara Media.

Umayah, Rida. 2010. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Tutor Sebaya pada Siswa Kelas IIA SDN Bendogerit 1 Kota Blitar”. Skripsi. Malang: PS PGSD FIP UM.

Yanto, A. (2015). Metode bermain peran (Role playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).

Yusup, A. A. M., & Sari, A. I. C. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus. Research and Development Journal of Education, 6(2), 01. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5457.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Winarso, D., Santosa, B., & Sahria, Y. (2024). Penerapan Strategi Tutor Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Pemesinan Bubut Di SMKN 1 Kaligondang. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1407–1419. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3214