MENINGKATKAN OMZET UMKM JASA ZAHRA LAUNDRY DI ERA NEW NORMAL DENGAN INOVASI LAYANAN SELF-LAUNDRY DI SAOK LAWEH KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Hanejohan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim
  • Budiharto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim
  • Haderah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim
  • Helendra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim
  • Ilyasmadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim
  • Zuraedah Indah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim

Keywords:

Covid, Laundry, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah suatu kegiatan ekonomi yang berperan penting untuk suatu negara atau daerah. UMKM merupakan kegiatan ekonomi kecil yang berpengaruh besar dalam industri rumahan dan kegiatan ekonomi yang memiliki peran besar dalam menyerap tenaga kerja yang besar. Bisnis laundry merupakan salah satu jenis UKM dalam industri rumahan bidang jasa yang sedang berkembang saat ini. Laundry menyediakan jasa pencucian pakaian mulai proses pencucian hingga pengeringan dan hingga tahap penyelesaian dimana pakaian diberikan kepada konsumen sesuai dengan yang diharapkan. Namun, pada massa pandemi bisnis laundry tersebut terkena dampak dari adanya Covid-19 sehingga mengalami penurunan omzet. Pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk Meningkatkan omzet penjualan UMKM jasa Zahra Laundry selama masa Pandemi Covid-19. Sasaran pengabdian kepada masyarakat ini di tujukan kepada salah satu warga Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok yang mempunyai UMKM, yaitu penyedia jasa Laundry. Solusi agar laundry tidak mengalami penurunan omzet adalah membuat packaging agar menarik dan pelanggan merasa puas setelah memakai jasa Zahra Laundry tersebut. Serta membuat suatu sistem pelayanan yang baru guna mempercepat pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Simatupang. (2019). Pengantar Ekonomi Pembangunan, Edisi III, LP3ES, Jakarta.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2019). Peranan E-commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298-309.

https://doi.org/https://doi.org/10/24198/k umawula.v3i2.28181.

Mulyana, Deddy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Ricky. (2017). “Liquid Laundry (Perencanaan Pendirian Usaha Jasa Laundry Koin,”

Lutfiyah, Dwi Setia. (2016). Jurnal Evaluasi Usability Untuk Mengetahui Akseptabilitas Aplikasi Berbasis Web. Ponorogo.

Maduwinarti, A., Andayani, S., Erni, D., & Putri, P. (n.d.). (2022). JHP 17 (Jurnal Hasil Penelitian) STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMK DAN PENDAMPINGAN PROSES PRODUKSI DI DESA MINGGIRSARI KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR. Januari, (1), 2579–7980. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jhp17

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Hanejohan, H., Budiharto, B., Haderah, H., Helendra, H., Ilyasmadi, I., & Indah, Z. (2023). MENINGKATKAN OMZET UMKM JASA ZAHRA LAUNDRY DI ERA NEW NORMAL DENGAN INOVASI LAYANAN SELF-LAUNDRY DI SAOK LAWEH KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK. Devote : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 74–78. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/devote/article/view/1116