URGENSITAS KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENDIDIK

Authors

  • Ai Durotus Sopiah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sriharini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Kepercayaan Diri, Pendidik

Abstract

Urgensi kepercayaan diri terhadap pendidik merupakan salah satu modal utama dan aspek terpenting yang harus dimiliki. Karena dengan rasa percaya diri yang tinggi pendidik akan mampu menyampaikan ragam tugas fungsinya yang wajib dilaksanakan dalam dunia pendidikan. Pendidik adalah orang yang mengajarkan ilmu pada setiap manusia dan manusia juga memiliki kewajiban untuk mentrasfer ilmu kepada orang lain agar hadirnya kemaslahatan bagi seluruh manusia. Sebagai pendidik dalam menjalankan kewajibanya dituntut untuk meningkatkan tugas dan peranannya yang erat kaitannya dengan perubahan. Selain melaksankan dasar yang harus di terpenuhi, diantaranya: kompetensi pedagogik, kompetensi, kepribadian, kompetensi, sosial, kompetensi keprofesionalan dan kompetensi kepemimpinan. Oleh karenanya urgensitas kepercayaan diri terhadap pendidik sangatlah penting dan harus menjadi tongkat utama dalam dunia pendidikan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

-. (2021, November 19). Pendidikan. Retrieved from JawaPos.com: https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/19/11/2021/kemendikbudristek-ungkap-rata-rata-skor-kompetensi-guru-5064-poin/. Diakses pada tanggal 19 desember 2022 pukul 00.00

Andriani, H. (2020). Peran Guru Bk dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal ikatan alumni bimbingan dan konseling islam, 2(2), 218-232.

Anwar, S. (2001). Metode Penelitian (III ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bachtiarhal, M. Y. (2016). pendidik dan tenaga kependidikan. jurnal publikasi pendidikan, VI(3), 196-202.

Busro, m. (2018). teori-teori manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Prenadamedia group.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal edukasi, 13(2), 161-174.

Jayadi, I. (2018). Sifat-Sifat Pendidik: perspektif Al-Quran. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(2), 357-381.

Lexy, J. M. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mamlu'ah, A. (2019). konsep percaya diri dalam al-quran surat ali imran ayat 139. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 30-39.

Pamungkas, A. (2022, Desember 14). Pengertian Esensi dan Urgensi.

Purwadarminta, W. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. jakarta: balai pustaka.

Rais, M. R. (2022). kepercayaan diri (self confidence) dan perkembangannya pada remaja. jurnal pendidikan dan konseling, 12(1), 40-48.

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. tarbiyah islamiyah, 5(1), 61-85.

Sada, H. J. (2015). pendidik dalam perspektif Al-Quran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 93-1004.

Setiawan, h. r. (2017, Mei 30). opini. Retrieved from Jurnal Asia: https://www.jurnalasia.com/opini/membangun-kepercayaan-diri-dalam-mengajar/

Suryabrata, S. (2005). psikologi kepribadian. Jakarta: Raja grafindo.

Tanlain, W. (1992). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Wahab, A. S. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-05-24

How to Cite

Sopiah, A. D., & Sriharini, S. (2023). URGENSITAS KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PENDIDIK. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1810–1817. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/915