MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGOPTIMALKAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Yessy Wasti SMP NEGERI 16 BATAM

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.903

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII.3 semester ganjil SMP Negeri 16 Batam tahun pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII.3 semester ganjil SMP Negeri 16 Batam tahun pelajaran 2019/2020 setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Hal tersebut terlihat dari hasil tes siswa yang semakin meningkat dalam setiap siklusnya, yaitu nilai rata-rata hasil pengamatan pada siklus I 69,45 dan meningkat menjadi 81,77 pada siklus II. Dan dilihat darihasil tes pada siklus I diketahui 8 dari 44 siswa telah mencapai nilai KKM (76), dan meningkat pada siklus II dimana 36 dari 44 siswa telah berhasil mencapai nilai KKM (76). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus tersebut, ternyata hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya artinya ternyata langkah-langkah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII.3 semester ganjil SMP Negeri 16 Batam tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, Catharina Tri, dkk. 2005. PsikologiBelajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalamPenelitianTindakan Kelas.Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan PengembanganSumberDayaManusia Pendidikan PenjaminanMutuPendidik.

Harminingsih. 2008. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. http://harminingsih.blogspot.com/2008/08/faktor-faktor-yang- mempengaruhi-hasil.html.

Iskandar. 2011. PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: GaungPersada (GP) Press.

ISPI Banyumas 29 November 2018. Seminar Nasional ISPI Banyumas. IkatanSarjana Pendidikan Indonesia.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Innovatif. Medan: Media Persada.

Jamrut. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS MelaluiImplementasi CTL denganMetode Group Investigation Berbantuan Media di SMP Negeri 6 Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana,UniversitasNegeri Yogyakarta.

Jihad dan Harris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Johnson, Elaine B. 2011. CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.

Sardiman. 2007. Interaksi dan MotivasiBelajarMengajar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Wojowasito. 1982. Kamus Umum Lengkap Inggris Indonesia – Indonesia Inggris. Malang: Delta Citra Grafindo.

Yamin, H. Martinis. 2013. Strategi dan Metodedalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (G. P. Press Group).

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Wasti, Y. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGOPTIMALKAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 16 BATAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1775–1794. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.903