ANALISIS TINGKAT KESIAPAN DAN PEMAHAMAN PELAKU UMKM DI KABUPATEN PONOROGO TERHADAP PENERAPAN SAK ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH

Authors

  • Aji Alan Maulana Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.689

Keywords:

Tingkat Kesiapan, Pemahaman Pelaku Dan UMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan dan tingkat pemahaman pengelola UMKM dalam menerapkan laporan keuangan berbasis SAK EMKM. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling di dapatkan pemerataan jumlah sampel untuk masing masing kelompok/jenis UMKM di Kabupaten Ponorogo berjumlah 100 sampel. Data Kuesioner dalam penelitian ini kemudian diproses dan di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil Penelitian ini menunjukkan hasil pengujian pada hipotesis pertama, disimpulkan bahwa kesiapan pelaku UMKM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Penerapan SAK EMKM. Hal ini dapat diartikan bahwa kesiapan pelaku UMKM dalam menerapkan SAK EMKM merupakan sebagai pedoman dalam menyusun laporan keuangan. Hasil pengujian pada hipotesis kedua, dapat disimpulkan bahwa pemahaman pelaku secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Penerapan SAK EMKM. Artinya berarti pemahaman pelaku UMKM dalam menerapkan SAK EMKM merupakan sebagai dasar akuntansi dan standar akuntansi EMKM. Hasil pengujian pada hipotesis ketiga, secara simultan variabel kesiapan pelaku dan pemahaman pelaku UMKM berpengaruh signifikan terhadap penerapan SAK EMKM di Kabupaten Ponorogo. Hal tersebut berarti varibel kesiapan dan pemahaman pelaku UMKM secara serempak atau bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penerapan SAK EMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, N., & Pujiati, L. (2018). Kesiapan usaha mikro kecil dan menengah dalam penerapan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil dan menengah untuk menunjang kinerja. JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 1(1), 45–56.

Cahyati, A. D., Mulyanti, K., & Setyawasih, R. (2011). Pemahaman dan kesiapan UKM dalam implementasi SAK ETAP: Survey Pada UKM di Bekasi. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi dan Komputerisasi Akuntansi, 2(2), 19-27.

Christian, L. E. M. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada UMKM Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang).

Debbianita, D., & Sitorus, D. N. (2016). Analisis Determinan Tingkat Pengetahuan Pelaku UMKM Mengenai SAK ETAP Serta Pengaruhnya Terhadap Kemudahan Akses Ke Lembaga Keuangan. Jurnal Akuntansi Maranatha, 8(1), 86–104.

Fatoni, F., Andini, R., & Raharjo, K. (2016). Pengaruh Kepemilikan Publik, Return On Equity, Current Ratio, Umur Perusahaan Dan Company Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility Pada Perusahaan Real Estate And Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011–2014. Journal Of Accounting, 2(2).

Ghozali, Imam. (2016). Konsep Dan Aplikasi dengan Program Amos 21.0. Universitas Dipenogoro.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas publik (SAK ETAP). Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan IndonesiaÍ

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran (NF Atif (ed.).

Kusuma, I. C. (2018). Persepsi Umkm Dalam Memahami Sak Emkm. Jurnal Akunida, 4(2), 1–14.

Lestari, E. P. (2019). Kesiapan UMKM Dalam Implementasi SAK EMKM Pengrajin Mebel Desa Catak Gayam, Mojowarno. JAD: Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan Dewantara, 2(1), 24-33.

Pardita, I. W. A., Julianto, I. P., & Kurniawan, P. S. (2019). Pengaruh Tingkat Penerapan Sistem Pencatatan Akuntansi, Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Tingkat Kesiapan Pelaku UMKM terhadap Penerapan SAK EMKM pada UMKM di Kabupaten Gianyar. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 9(3), 202–212.

Pulungan, L. A. (2019). Analisis pemahaman dan kesiapan pengelola UMKM dalam implementasi laporan keuangan berbasis SAK EMKM (Studi empiris pada UMKM di Kota Medan) (Doctoral dissertation).

Falah, Rafiqa. (2018). Analisis tingkat pemahaman dan tingkat kesiapan umkm dalam implementasi sak emkm dalam pelaporan keuangan di kota padang (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Salmiah, N., Nanda, S. T., & Adino, I. (2018). Pemahaman pelaku UMKM terhadap SAK EMKM: Survey pada UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru. Akuntansi Dewantara, 2(2), 194-204.

Santoso, S. (2015). Penelitian Kuantitatif: Metode dan Langkah Pengolahan Data. Penerbit Unmuh Ponorogo Press, Ponorogo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trisomantagani, K. A. (n.d.). dkk.(2017). Persepsi Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap Kesiapan dalam menerapkan SAK EMKM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undhiksa.

Tuti, Rias. S, P. F. Dwijayanti. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman UMKM Dalam Menyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP. Fakultas Bisnis Dan Pascasarjana UKWMS.

VENTIA, S. R. (2021). Analisis tingkat pemahaman dan tingkat kesiapan pengelola umkm dalam implementasi laporan keuangan berbasis sak emkm (studi empiris pada umkm di kecamatan kuantan tengah). JUHANPERAK, 2(3), 735–747.

Downloads

Published

2023-04-02

How to Cite

Maulana, A. A. (2023). ANALISIS TINGKAT KESIAPAN DAN PEMAHAMAN PELAKU UMKM DI KABUPATEN PONOROGO TERHADAP PENERAPAN SAK ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 910–919. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.689