UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU DI SMAN 1 LANGKAPLANCAR

Authors

  • Eva Mustikasari Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
  • Samsul Gunawan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.530

Keywords:

Kepala Sekolah, Kualitas, Kinerja Guru

Abstract

Dunia pendidikan saat ini sangatlah dipengaruhi oleh perkembangan zaman.  Pendidikan memberikan peranan besar bagi seseorang dalam mencapai suatu kemampuan akademis sehingga kualitas dan kuantitas kemampuan yang dimiliki dapat berkembang. Dalam hal ini maka perlu adanya pemimpin untuk mengatur berjalannya suatu organisasi diantaranya organisasi pendidikan di suatu sekolah maka perlu adanya kepala sekolah.  Kepala sekolah mempunyai tanggungjawab dibidang pengajaran, pengembangan kurikulum, administrasi kesiswaan, administrasi personalia staf, hubungan masyarakat, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kepala sekolah harus mampu mengatasi serta mengatur berjalannya keberlangsungan pendidikan. Kepala SMA Negeri 1 Langkaplancar sudah melakukan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah di antaranya merumuskan serta menetapkan dan menjalankan visi misi sekolah karena dengan adanya visi misi sekolah akan mengetahui apa sebenarnya tujuan dari sebuah organisasi pendidikan. Permasalahan pendidikan di Indonesia sangatlah banyak diantaranya Indonesia adalah Negara yang mempunyai bentuk kepulauan penduduk yang mencapai 275,36 juta jiwa. Saat ini pendidikan Indonesia diatur dalam Undang – Undang no 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional. Dalam setiap sitem tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Jika dijalankan dengan sebaik mungkin, maka akan berjalan dengan sesuai harapan. Rumusan masalah dalam jurnal ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Langkaplancar sehingga mempunyai tujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah  dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMA Negeri 1 Langkaplancar. Uji keabsahan data dala penelitian ini yaitu uji credibility, transferability, dependability dan confarmability, Hasil pengumpulan data dari penelitian ini yaitu upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di SMAN 1 Langkaplancar yaitu dengan adaya peran kepala sekolah dalam membina, mengorganisasikan, serta mengatur keefektifankegiatan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Metode Penelitian Manajemen/Sugiyono. Pengarang, Sugiyono, EDISI, ed. 1.3 Penerbitan Bandung : alfabeta. 2018

Ahmad Fadloli (September 2020). Kegiatan yang dilaksanakan kepala Sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik

A. Tabrani Rusyan ( 2000 : 17 ) Pengertian Kinerja Guru

George R Terry buku Principle of Management yang dikutif oleh Dr. Kartini Kartono. Kepemimpinan kepala Sekolah

rwanto ( 1987 ) Pengertian Supervisi

Journal uny. ac.id. Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005), hal. 136.

Mulyasa E.,Op.Cit.h 21

Mulyasa (2002) Proses dan Teknik Supervisi

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007.Standar Kualifikasi Akademik serta Kompetensi guru yang harus dimiliki.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Mustikasari, E., & Gunawan, S. (2023). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU DI SMAN 1 LANGKAPLANCAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 515–522. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.530