PENGARUH NET SALES DAN LIABILITY TERHADAP NET PROFIT (STUDI KASUS PADA PERSEROAN TERBATAS UNILEVER INDONESIA TERBUKA)

Authors

  • Difani A’isyah Fitri UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Salsa Kumalasari UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Risma Sukmawati UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Adinda Kusuma Dewi UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Bela Septiyan Pebriyanti UIN Sayyid Ali Rahmatullah

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i1.446

Keywords:

Penjualan Bersih, Utang, Laba Bersih

Abstract

Secara logika, kemampuan perusahaan mendapatkan laba bersih bisa dilihat dari berapa besarnya kegiatan operasional yang dilakukan. Pada penelitian ini akan memfokuskan bagaimana komponen penjualan bersih dan utang bisa mempengaruhi laba bersih yang diperoleh perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah laporan keuangan PT Unilever Indonesia Tbk. yang telah di publikasi pada website resmi perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan PT Unilever Indonesia Tbk periode 16 tahun kebelakang dari tahun 2006 sampai dengan 2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan menggunakan teknik dokumentasi. Hipotesis di uji dengan analisis regresi linier berganda dengan menentukan uji normalitas data dan uji t pada setiap komponen variabel dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 24, sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa secara parsial penjualan bersih berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih dan utang perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas laba bersih. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penjualan bersih dan liabilitas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana, dkk. (2021). Pengaruh Hutang, Modal Kerja, dan Penjualan terhadap Laba Bersih Pada Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2014-2018. Jurnal Manajemen, 25-42.

Novianti, D., & dkk. (2022). Pengaruh Penjualan, Total Hutang, Modal Kerja Terhadap Laba Bersih. Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi, 171-187.

Purnasari, N. d. (2021). Pengaruh Penjualan, Hutang Lancar, Modal Kerja dan Perputaran Persediaan terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di BEI Periode 2014-2018. Journal of Economics and Business , 202-208.

Wijaya, N. d. (2021). Pengaruh Modal Kerja, Total Hutang, Tingkat Inflasi dan Penjualan Bersih terhadap Laba Bersih. Owner : Riset dan Jurnal Akuntansi, 240-251.

Zahara, A., & dkk. (2018). Pengaruh Total Hutang, Modal Kerja, dan Penjualan Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Sub Sektor Batu Bara Terdaftar di BEI. Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 156-164.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Fitri, D. A., Kumalasari, S., Sukmawati, R., Dewi, A. K., & Pebriyanti, B. S. (2023). PENGARUH NET SALES DAN LIABILITY TERHADAP NET PROFIT (STUDI KASUS PADA PERSEROAN TERBATAS UNILEVER INDONESIA TERBUKA). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 169–177. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i1.446