PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IV SD KOMUNITAS KRISTEN TUNAS GLORIA KOTA KUPANG

Authors

  • Hiwa Wonda Universitas Nusa Cendana
  • Netty E.A Nawa Universitas Nusa Cendana
  • Olivia Pramesti Polin Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Project Based Learning

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi kegiatan ekonomi melalui model Project Based Learning di kelas IV SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian  tindakan kelas dengan tahapan : perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi . pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes atau evaluasi sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang dengan hasil penelitian pada pra-siklus menunjukan rata-rata 54,73 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 62,89 selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II dan memperoleh nilai rata-rata 93,15. Sedangkan  presentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada pra-siklus 26,1 % kemudian meningkat pada siklus I 42,10% dan lanjut meningkat pada siklus II menjadi 94,73%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto, 2011. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media

Hana. 2022. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Tinggi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Ilmu Pengetahuan Sosial.

Jihad, Asep & Abdul Haris . 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Israwaty. 2023. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas V UPTD SD Negeri 111 Bru.

Mayu, N, A.W.W. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Higher Order Thingking Skills Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Nafiah, 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Kelas IV Sd Negeri Suro Banyumas.

Ponidi, dkk. 2021. Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Jawa Barat: CV. Adanu Abhimata. sil Belajar IPA Kelas V UPTD SD Negeri 111 Bru.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Wonda, H., Nawa, N. E., & Polin, O. P. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEGIATAN EKONOMI MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IV SD KOMUNITAS KRISTEN TUNAS GLORIA KOTA KUPANG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(11), 5051–5055. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3576