TINJAUAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF ISLAM PADA TOKO BUSANA MUSLIM ZASKIA SUNGKAR DI KOTA BANDA ACEH

Authors

  • Yusniar Stai tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Perspektif islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada toko busana muslim Zaskia Sungkar Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 100 responden yaitu seluruh konsumen toko Zaskia Sungkar Banda Aceh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan kuesioner melalui google form. Metode analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Penelitian menemukan bahwa citra merek dan kualitas produk secara simultan dan parsiall berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 36,0 % sedangkan sisanya 64,0 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2014). Tafsir Al-Qur’an Tematik. Jilid 1. Jakarta: Kamil Pustaka.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Prawirosentono, S. (2002). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Abad 21 Studi Kasus dan Analisis. Jakarta: Bumi Aksara.

Purnamasari, Y. I. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk M2 Fashion Online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 5 (1), 1-12.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI). (2008). Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Atas Kerjasama Dengan Bank Indonesia: Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grapindo.

Rachel, F., S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Panam Pekanbaru. JOM FISIP, 6 (2), 1-14.

Ramadhani, R & Harry, S. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Kartu Simpati di Wilayah Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 5 (3), 1-10.

Rivai, V. (2012). Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: Bumi Aksara.

Roselina, M., A & Asih, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang. Majalah Ilmiah Solusi, 17 (3), 221-234.

Rozalinda. (2014). Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya Pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadat, A. M. (2009). Brand Belief: Sttategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Sarjono, H & Julianita, W. (2011). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an. Jakarta: Lentera Hati.

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Yusniar, Y. (2024). TINJAUAN KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF ISLAM PADA TOKO BUSANA MUSLIM ZASKIA SUNGKAR DI KOTA BANDA ACEH. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(11), 4970–4986. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3543