PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PESERTA DIDIK DAN ANGGOTA KELUARGA DI KELAS IV SDK KRISTEN TUNAS GLORIA KOTA KUPANG

Authors

  • Dra Pulina Riwu Ga Universitas Nusa Cendana
  • Martha K. Kota Universitas Nusa Cendana
  • Herman Ndun Universitas Nusa cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3415

Keywords:

Model Pembelajaran, Hak Dan Kewajiban

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik  pengumpulan data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian 16 orang, yakni  12 orang laki-laki 4 orang Perempuan.Penelitian ini dilakasanakan di SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang dengan hasil penelitian bahwa kegiatan pra-siklus, skor dari 16 subjek penelitian yang tuntas 4 orang siswa dengan presentase (25%) dan yang tidak tuntas 12 orang siswa dengan presentase ketuntasan (75%). Sedangkan hasil penelitian siklus I dari 16 orang yang tuntas 7 orang presentase  ( 43,75%) dan yang tidak tuntas 9 orang dengan presentase (56,25%). Siklus II mengalami peningkatan , yang tuntas 14 orang dengan presentase ketuntasan (87,5%) dan yang tidak tuntas 2 orang dengan presentase (12,5%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mafuliatun, M.2021. Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Probelem Based Learning. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5 (4),277-286.http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/840

Purwanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..

Risal M.Merentek(2021).”Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar GMIM Wanga)

Suardi, M. 2018. Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Sudajana, N. 2016. Penilaian Hasil Belajar. PT Remaja. Jakarta.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif . Jakarta:Prana Media Group

Undang-undang SISDIKNAS (UU RI No.20 Th 2003) 2011. Jakarta

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Ga, D. P. R., Kota, M. K., & Ndun, H. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PESERTA DIDIK DAN ANGGOTA KELUARGA DI KELAS IV SDK KRISTEN TUNAS GLORIA KOTA KUPANG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(9), 4493–4498. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3415