PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI PESERTA DIDIK DAN ANGGOTA KELUARGA DI KELAS IV SDK KRISTEN TUNAS GLORIA KOTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3415Keywords:
Model Pembelajaran, Hak Dan KewajibanAbstract
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi hak dan kewajiban sebagai peserta didik dan anggota keluarga melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah Teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian 16 orang, yakni 12 orang laki-laki 4 orang Perempuan.Penelitian ini dilakasanakan di SD Komunitas Kristen Tunas Gloria Kota Kupang dengan hasil penelitian bahwa kegiatan pra-siklus, skor dari 16 subjek penelitian yang tuntas 4 orang siswa dengan presentase (25%) dan yang tidak tuntas 12 orang siswa dengan presentase ketuntasan (75%). Sedangkan hasil penelitian siklus I dari 16 orang yang tuntas 7 orang presentase ( 43,75%) dan yang tidak tuntas 9 orang dengan presentase (56,25%). Siklus II mengalami peningkatan , yang tuntas 14 orang dengan presentase ketuntasan (87,5%) dan yang tidak tuntas 2 orang dengan presentase (12,5%).
Downloads
References
Mafuliatun, M.2021. Peningkatan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Probelem Based Learning. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 5 (4),277-286.http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/840
Purwanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..
Risal M.Merentek(2021).”Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar GMIM Wanga)
Suardi, M. 2018. Belajar & Pembelajaran. Deepublish.
Sudajana, N. 2016. Penilaian Hasil Belajar. PT Remaja. Jakarta.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif . Jakarta:Prana Media Group
Undang-undang SISDIKNAS (UU RI No.20 Th 2003) 2011. Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dra Pulina Riwu Ga, Martha K. Kota, Herman Ndun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.