PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS II SD GMIT BONIPOI

Authors

  • Emilia Emaq Belalawe Universitas Nusa Cendana
  • Markus Sampe Universitas Nusa Cendana
  • Martha K. Kota Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3399

Keywords:

Integrative reading, comprehension, improving

Abstract

Pertanyaan: Studinya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Gmit Bonipoi 3456 dengan menggunakan metode integratif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas II SD Gmit Bonipoi 3456. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sebagai berikut. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa dengan rincian 10 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya diproses dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Gmit Bonipoi 3456. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode integratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I siswa dengan nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan klasikal 45,45 dengan kategori kurang, pada siklus I pada siklus II rata-rata skor 78 dengan ketuntasan klasik 95,45 yang berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar.Jakarta: Departemen Pendidikan nasional direktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Afrida. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman DenganMenggunakan PendekatanTerpadu Siswa Kelas VSDN 003 Tambusai Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Farida Rahim (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamalik Oemar (2008)Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Harras, Kholid, A. Dan Lilis Sulistianingsih (2011) Membaca I. Jakarta: Depdikbud

Harsono (2011), Etnografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Junaidi (2009). Strategi Pembelajaran. Surabaya: Lapis PGMI

KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).(2005). Jakarta: PT (Persero) Penerbitan dan percetakan

Kurikulum (2013) Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia di Sekolah Menengah Atas/MI

Oemar (2015).Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Santoso T. (2011) Metode Membaca Secepat Kilat. Yogyakarta: Pustaka Widyatama

Siregar, Eveline, Dra., M.Pd. dan Nara Hartini (2017) Teori Belajar dan Pembelajara. Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiyono (2010).Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suyatno (2004).Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra.Surabaya: SIC

Indriana dari Universitas Riau Pekanbaru tahun 2011 dengan judul “Penerapan Metode Integratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Wacana Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Sail Pekanbaru.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Belalawe, E. E., Sampe, M., & Kota, M. K. (2024). PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS II SD GMIT BONIPOI. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(9), 4487–4492. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3399