PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS II SD GMIT BONIPOI
DOI:
https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3399Keywords:
Integrative reading, comprehension, improvingAbstract
Pertanyaan: Studinya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Gmit Bonipoi 3456 dengan menggunakan metode integratif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas II SD Gmit Bonipoi 3456. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi sebagai berikut. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa dengan rincian 10 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya diproses dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Gmit Bonipoi 3456. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode integratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I siswa dengan nilai rata-rata 68 dengan ketuntasan klasikal 45,45 dengan kategori kurang, pada siklus I pada siklus II rata-rata skor 78 dengan ketuntasan klasik 95,45 yang berada pada kategori sangat baik.
Downloads
References
Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar.Jakarta: Departemen Pendidikan nasional direktorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.
Afrida. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman DenganMenggunakan PendekatanTerpadu Siswa Kelas VSDN 003 Tambusai Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.
Farida Rahim (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik Oemar (2008)Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Harras, Kholid, A. Dan Lilis Sulistianingsih (2011) Membaca I. Jakarta: Depdikbud
Harsono (2011), Etnografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif.Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Junaidi (2009). Strategi Pembelajaran. Surabaya: Lapis PGMI
KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).(2005). Jakarta: PT (Persero) Penerbitan dan percetakan
Kurikulum (2013) Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia di Sekolah Menengah Atas/MI
Oemar (2015).Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara
Santoso T. (2011) Metode Membaca Secepat Kilat. Yogyakarta: Pustaka Widyatama
Siregar, Eveline, Dra., M.Pd. dan Nara Hartini (2017) Teori Belajar dan Pembelajara. Bogor: Ghalia Indonesia
Sugiyono (2010).Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyatno (2004).Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra.Surabaya: SIC
Indriana dari Universitas Riau Pekanbaru tahun 2011 dengan judul “Penerapan Metode Integratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Wacana Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Sail Pekanbaru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Emilia Emaq Belalawe, Markus Sampe, Martha K. Kota
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.