PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI OEFOE KABUPATEN ROTE NDAO
Keywords:
Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca PermulaanAbstract
Rumusan masalah apakah penggunaan media kartu huruf pada pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SD Negeri Oefoe Kabupaten Rote Ndao. Tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil membaca permulaan pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu huruf di kelas I SD Negeri Oefoe Kabupaten rote Ndao. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui pra siklus dan di lanjutkan pada siklus 1dan siklus 2. Di setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Oefoe Kabupaten Rote Ndao. Ada empat aspek yang dinilai dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf yaitu: 1) Lafal, 2) Ketepatan menyuarakan suara, 3) Kejelasan suara, 4) Kelancaran.. Dinilai juga Aktivitas guru dan Aktivitas Siswa. Hasil penelitian kemampuan membaca permulaan siswa pada pra siklus terlihat bahwa dari 15 orang siswa, hanya 2 orang siswa yang tuntas dengan persentase 13%, sehingga peneliti melanjutkan penelitian ke siklus I. Pada siklus I persentase Aktivitas Guru berada pada 72,91% dan persentase Aktivitas Siswa berada pada 61,76% lalu nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I adalah 54,86% dan secara individual dari 15 siswa hanya 6 siswa atau 40% yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan pada siklus II persentase aktivitas guru dari 72,91% menjadi 80%, persentase aktivitas siswa dari 61,76% menjadi 81,03% dan kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus II berada pada kategori sudah mencapai ketuntasan, dengan nilai rata-rata 74% dan secara individual 15 siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase Kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II yaitu dari 40% menjadi 74%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu huruf di kelas I SD Negeri Oefoe Kabupaten Rote Ndao mengalami peningkatan
Downloads
References
Aida, Siti dkk. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Sturuktural Analitik Sinetik dengan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 3 (1)
A.M.Sadiman.(2016). Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Arikunto,S.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aris Shoimin.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Arsyad,A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Ason, Dasmawarti. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu HurufPada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 08 Muara Pawan Kabupaten Ketapang. Jurnal Pendidikan Dasar 9 (2)
Dimiyati dan Mudjiono, (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hosnan,M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 2. Bogor: Ghalia Indonesia
Kemendikbud. (2017). Diklat Teknis Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (Penelitian TindakanKelas).https://repositori.kemdikbud.go.id/17913/1/03.21%20Modul%20Pelatihan%20Teknis%20Penyusunan%20KTI%20%28PTK%29.pdf
Koro, Maxsel dkk. (2022). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Di UPTD SD Inpres Mapoli.Journal Of Character And Elementary Education,1(1), 000-000.
Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.
LN, F. (2003). Penelitian Tindakan Kelas.
Pangastuti, dkk. (2017). Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Vol 1 (1)
Partijem. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flanel Pintar Kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 6 Edisi. 1
Rahmawati. (2017). Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal SAP, Vol. 1, No. 3
Riayah. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 1.
Salik, Arizqa Yasirli. 2019. Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Di Kelas A Taman Kanak-Kanak (TK) Wijaya Kusuma Taman Komodo. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sulianah. (2013). Mengenal Konsep Huruf Dengan Metode Permainan Kartu Huruf Pada Anak. Vol. 1 No. 2
Suyatno, Undi. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kartu Huruf. Ri’ayatulathfal: Journal of Early Childhoot Iskamic Education. Vol. 1 No. 2
Syatauw, Solehun, Nouval Rumaf. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda Vol. 2 No. 2
Yunus, Maria. 2017. Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD Inpres Sambung Jawa 3 Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Makassar
Zamzani, Nurfitri. (2018). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Murid Kelas 1 SD Inpres Kampung Parang Kabupaten Gowa. Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Makassar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Afliana Kay, Marselus Robot, Markus Sampe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.