EDUKASI DENGAN MEDIA BANNER DAN DEMONTRASI DENGAN MENYIKAT GIGI PENURUNAN PLAK DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN DISCLOSING SOLUTION

Authors

  • Nike Haryani Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Halimah Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Dian Femala Poltekkes Kemenkes Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3301

Keywords:

edukasi, banner, demontrasi, disclosing solution

Abstract

Edukasi merupakan suatu bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pihak pendidikan, agar menjadi lebih baik. Pemberian edukasi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia agar tujuan dari proses belajar atau pendidikan dapat dicapai secara optimal. Pemilihan metode penyampaian edukasi yang akan digunakan dalam mengajarkan cara dan teknik menyikat gigi untuk membersihkan plak yang ada di permukaan gigi adalah dengan metode demonstrasi menggunakan media banner. Penghilangan plak tidak dapat dihilangkan dengan sempurna jika pasien tidak mengetahui apa-apa dan adanya plak pada permukaan gigi pasien. Zat pewarna plak (Disclosing solution) dapat digunakan untuk menunjukkan adanya plak kepada pasien, dan bermanfaat sebagai alat penyuluhan dan pemberi motivasi yang sangat baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas menyikat gigi penurunan plak dengan dan tanpa Disclosing solution. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. menggunakan pendekatan observasi pra dan pasca studi. Uji statistic dengan paired t-test dan Independent t-test. Teknik pengambilan subyek dengan purposive sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah edukasi dengan media banner dan demontrasi menyikat gigi penurunan plak dengan dan tanpa menggunakan disclosing solution efektif menurunkan indeks plak pada siswa/i sekolah dasar. Tidak terdapat perbedaan yang bermakna baik menggunakan maupun tanpa menggunakan disclosing solution.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Riskesdas, “Hasil Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI,” 2018.

Astoeti, I. Jenie, dan J. Kusnoto, “Hubungan Perilaku Terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut Murid-Murid Sekolah Dasar Negeri DKI Jakarta Penderita Gigi Berjejal.,” Universitas Indonesia, 2014.

N. Kusuma, Plak Gigi. Andalas University Press.

Lalela, S. Mulyani, dan H. Nuraningsih, “Aplikasi Asuhan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Keluarga Bapak I WY.S Dengan Anak Menderita Karies Gigi Di Wilayah Kerja Puskesmas Denpasar Selatan,” Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), vol. 13, no. 1, 2021.

Erwin, Asmawati, dan S. Sofyan, “Perbedaan Indeks Plak Pada Pemeriksaan Dengan Bahan Disclosing Solution Dan Biji Kesumba (Bixa Orellana),” Jurnal Surya Medika, vol. 6, no. 2, 2021.

Z. K. I. Khan MHA, “Evaluation of School oral health education program,” vol. 3, no. 2, hlm. 1–13, 2013.

Notoatmodjo, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

S. Wahyuni, Pelayanan Keluarga Berencana (KB). Unisma Press, 2022.

L. O. Aryawati dan J. D. H. Nasution, “Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Pendidikan Kesehatan dan Perilaku Sehat Siswa,” Universitas Negeri Surabaya, vol. 6, no. 2, hlm. 2, 2018.

A. Pitayanti, A. Hartono, dan Priyoto, Priyoto, Pitayanti, A., & Hartono, A. (2018). Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan. Pustaka Panasea, 2018.

N. Dana dan M. B. Artawa, “Tingkat Kebersihan Gigi Dan Mulut Siswa SDN 1 Nyuh Tebel Manggis Karangasem,” Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), vol. 10, no. 2, 2023.

Artawa, Kencana, dan Gejir, “Pengaruh Penyuluhan Dengan Modul Terhadap Peninngkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Pemelihara Kesehatan Gigi Anak Sekolah Dasar,” Poltekkes Denpasar, vol. 10, no. 1, 2022.

Sinor MZ, “Comparison Between Conventional Health Promotion And USe Of Cartoon Animation in Delivering Oral Health Education,” International Journal Of Humanities And Social Science, vol. 1, no. 3, 2011.

F. A. P. Lestari, “Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mahasiswa,” Sinasis, vol. 1, 2020.

E. T. Khairally, “Media Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, Macam-macam dan Contohnya,” detikedu. Diakses: 12 Agustus 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6849217/media-pembelajaran-pengertian-manfaat-macam-macam-dan-contohnya

A. Maharani, “Berkumur dengan Daun Sirih membantu Menghilangkan Plak,” redaksi medis dokter.

Triwiyatini, F. Said, dan I. Rahmawati, “el Ekstrak Buah Naga Super Merah (Hulocereus Costaricensis) Dan Ubi Jalar Ungu Sebagai Alternatif Pewarna (Disclosig Solution) Alami Plak Gig,” An Nada: Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 8, no. 2, 2021.

E. A. Ekoningtyas dan F. Nisa, “Potensi Kandungan Kimiawi Dari Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L) Sebagai Bahan Identifikasi Keberadaan Plak Pada Permukaan Gigi.,” Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), vol. 3, no. 1, 2016.

Downloads

Published

2024-09-08

How to Cite

Haryani, N., Halimah, H., & Femala, D. (2024). EDUKASI DENGAN MEDIA BANNER DAN DEMONTRASI DENGAN MENYIKAT GIGI PENURUNAN PLAK DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN DISCLOSING SOLUTION. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(9), 4289–4298. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3301