PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS AIR DI KELAS V UPTD SD NEGERI BERTINGKAT NAIKOTEN KOTA KUPANG
Keywords:
Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS SDAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V UPTD SD Negeri Bertingkat Naikoten. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu pre-experiment dengan rancangan dalam penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah 25 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki- laki dan 11 orang siswa perempuan kelas V SD Negeri Bertingkat Naikoten tahun ajaran 2023/2024. Analisis data dilakukan melalui tahap (1) uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistik paired samples test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Ini berarti bahwa multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisih nilai rata- rata hasil belajar siswa dimana pada saat pretest nilai rata-rata sebesar 60.40 kemudian pada saat posttest terjadi peningkatan rata-rata menjadi 78.80 sehingga nilai rata-rata peningkatan adalah 18.40. Pengaruh tersebut dapat dilihat juga dari nilai signifikansi uji t yang jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0.000. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air di kelas V SD Negeri Bertingkat Naikoten.
Downloads
References
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jakarta: Gava Media.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fajar, S., & Riyana, C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media. 3(2), 101–114.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Kurniawati, I.D dan Nita, S. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Journal of Computer and Information Technology Vol.1, No. 2.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Edisi 1. Yogyakarta: ANDI.
Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas ii sdn bantargebang ii kota bekasi. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 33-38.
Sugiyono, 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA) .
Saptono, A. (2017). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 89 Jakarta. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 14(1), 105– 112. https://doi.org/10.21009/econosains.0141.08
Wahyuni. E. 2009. Pengaruh Pemanfaatan Multimedia dalam Pembelajaran Fisika terhadap Pemerolehan Belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.
Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran Visual, Audio Visual, Komputer, Power Point, Internet, Interactive Video. Kata Pena.
Zulhelmi, Adlim dan Mahidin. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Albina Peni Peuobuq, Antonius Suban Hali, Netty E. A Nawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.