PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V UPTD SD NEGERI TUADALE KABUPATEN KUPANG
Keywords:
Model Pbl, Media Animasi, System PernapasanAbstract
Rumusan masalah “Bagaimana Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang”. Tujuan untuk mengetahui Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes evaluasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan presentase. Penelitian dilaksanakan di UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah murid 12 orang yang tuntas 7 orang dengan persentase ketuntasan 58%. Aktivitas guru siklus I 63% dengan kategori cukup. Aktivitas siswa mencapai 58% dengan kretria cukup. Ketidakberhasilan siswa dalam pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh siswa kurang mengamati video pembelajaran, siswa kurang kerja tugas dengan baik, siswa kurang menyimpulkan hasil kerja kelompok dengan baik. Siklus II jumlah siswa 12 orang dengan persentase 100%. Aktivitas guru siklus II meningkat menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan adanya peningkatan nilai pada siklus II yakni 100% dengan demikian pembelajaran dengan penerapan model PBL berbantuan media animasi sangat efektif
Downloads
References
Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta
Zainal dan Ahmad Amrullah. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI
Baharuddin, E. N. Wahyuni (2010). Teori Belajar & Pembelajaran: Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha
Melo, G., Lehan, A. A. D., & Loy, P. L. B. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Materi Panas Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Gmit Naioni Kota Kupang. Journal of Character and Elementary Education, 1(2), 65–73. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i2.1200
Nursanti, F., Haryaka, U., & Untu, Z. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika Siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media video animasi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2721
Redhana IW. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 11.
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578
Robert M. Gagne (2020), Teori Belajar dalam Proses pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marsi D. S. Bani, Andriyani A. D. Lehan, Anita Kaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.