PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V UPTD SD NEGERI TUADALE KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Marsi D. S. Bani Universitas Nusa Cendana
  • Andriyani A. D. Lehan Universitas Nusa Cendana
  • Anita Kaja Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3189

Keywords:

Model Pbl, Media Animasi, System Pernapasan

Abstract

Rumusan masalah “Bagaimana Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang”. Tujuan untuk mengetahui Penerapan model PBL berbantuan media animasi dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar Kelas V UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes evaluasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan presentase. Penelitian dilaksanakan di UPTD SD Negeri Tuadale Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari jumlah murid 12 orang yang tuntas 7 orang dengan persentase ketuntasan 58%. Aktivitas guru siklus I 63% dengan kategori cukup. Aktivitas siswa mencapai 58% dengan kretria cukup. Ketidakberhasilan siswa dalam pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh siswa kurang mengamati video pembelajaran, siswa kurang kerja tugas dengan baik, siswa kurang menyimpulkan hasil kerja kelompok dengan baik. Siklus II jumlah siswa 12 orang dengan persentase 100%. Aktivitas guru siklus II meningkat menjadi 100%  dengan kriteria sangat baik. Sedangkan  aktivitas siswa 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa  penerapan model PBL berbantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan adanya peningkatan nilai pada siklus II yakni 100% dengan demikian pembelajaran dengan penerapan model PBL berbantuan media animasi sangat efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta

Zainal dan Ahmad Amrullah. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI

Baharuddin, E. N. Wahyuni (2010). Teori Belajar & Pembelajaran: Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha

Melo, G., Lehan, A. A. D., & Loy, P. L. B. (2023). Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Materi Panas Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Gmit Naioni Kota Kupang. Journal of Character and Elementary Education, 1(2), 65–73. https://doi.org/10.35508/jocee.v1i2.1200

Nursanti, F., Haryaka, U., & Untu, Z. (2023). Peningkatan hasil belajar matematika Siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media video animasi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 117–126. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2721

Redhana IW. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 11.

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578

Robert M. Gagne (2020), Teori Belajar dalam Proses pembelajaran

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Bani, M. D. S., Lehan, A. A. D., & Kaja, A. (2024). PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V UPTD SD NEGERI TUADALE KABUPATEN KUPANG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3587–3594. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3189