PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA

Authors

  • Alya Alfiah Agustina Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Arin Khairunnisa Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3118

Keywords:

Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Keaksaraan, Masyarakat Buta Aksara

Abstract

Salah satu bentuk pendidikan non-formal bagi warga buta aksara latin adalah pendidikan keaksaraan, yang terdiri dari Pendidikan Keaksaraan Dasar dan Pendidikan Keaksaraan Lanjutan. Tujuan pendidikan keaksaraan adalah untuk mengajar warga buta aksara latin untuk belajar membaca, menulis, berhitung, berbahasa Indonesia, dan menganalisis, sehingga mereka memiliki peluang untuk aktualisasi potensi diri. Rumusan masalah yang dibahas adalah banyaknya orang di Indonesia yang mengalami buta aksara. Buta aksara didefinisikan sebagai ketidakmampuan seseorang untuk menggunakan Bahasa dan menggunakannya untuk mengerti, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pemberdayaan manusia melalui pemberantasan buta aksara dan strateginya, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi literatur untuk mengumpulkan data. pendidikan keaksaraan adalah pendidikan yang diberikan kepada orang buta aksara untuk mengajarkan mereka cara menggunakan aksara dan angka, berbicara bahasa Indonesia, dan mempelajari pengetahuan dasar untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Pendidikan keaksaraan diberikan melalui kelompok belajar keaksaraan fungsional, kursus, dan metode lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, I., & Ibrahim, M. (2016). J urnal E quilibrium J urnal E quilibrium. Fenomena Sosial Pilihan Hidup Tidak Menikah Wanita Karier, III(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publ ications/70308-ID-fenomena- plagiarisme-mahasiswa.pdf

Mukhlisah, A. N., & Irfan, M. (2023). Nusantara Hasana Journal. Nusantara Hasana Journal, 2(9), 185–190.

Rosadi, A. (2017). Dampak Pendidikan Keaksaraan Fungsional Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup Sosial Ekonomi Di Desa

Parado Wane Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Mu’amalat: Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 9(2), 130–159. https://doi.org/10.20414/mu.v9i2.2 015

Yesi Puspitasari, Fuad Burhanul Bulqiah, Dimas Pratama Herdiansyah, Siti Nur Komariyatul Hasanah, Ita Uzzakah, Rian Agus Prakoso, Niken Pundri Selvianda, Yudis Setiawan, Malikal Balqis, Khozaimah, K., & Raudhatun Nadiyah. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Lansia Buta Aksara Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Di Desa Siliwung. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 717–722 . https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i4. 646

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Agustina, A. A., & Khairunnisa, A. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3319–3326. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3118