DAMPAK DISKRIMINASI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK
Abstract
Anak dalam hidupnya seharusnya dapat tumbuh dan berkembang tanpa mengalami kekerasan. Oleh sebab itu perlu ada pemahaman dalam diri anak bahwa terjadinya kekerasan merupakan bentuk pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Anak. Tidak banyak yang memahami bahwa sekecil apapun bentuk kekerasan dan diskriminasi yang di alami oleh anak akan mengakibatkan hancurnya kehidupannya. Banyak orang menganggap bahwa kekerasan dan diskriminasi adalah hal yang lumrah ketika seseorang dalam keadaan tertentu, dalam hal ini jika anak salah pergaulan, lingkungan yang tidak mendukung, dan bahkan karena faktor tidak punya orang tua. Hal seperti itu seakan menjadi pembenaran bahwa anak akan mendapatkan kekerasan dan diskriminasi. Pentingnya diadakan sosialisasi dan pendampingan diharapkan dapat menampung keluh dan kesah anak yang pernah mengalami kekerasan dan diskriminasi, sehingga ke depan bisa di antisipasi tentang bagaimana seharusnya pemerintah dalam mencegah terjadinya kekerasan dan diskriminasi pada anak. Oleh sebab itu, Pengabdi akan mengkaji tentang bentuk kekerasan yang dialami anak, pengertian dan bentuk perlindungan anak, dan pemahaman anak tentang kekerasan dalam hidupnya. Dalam rangka mendukung penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan study literatur untuk mengumpulkan data. Setelah semua proses selesai dilaksanakan diharapkan solusi yang ditawarkan akan menjadi obat bahwa peran kasih sayang antar sesama manusia menjadi hal yang berharga di dunia
Downloads
References
Artha, ratna. (2002). Issn 1412 - 8683. 11(23), 66–85.
Awan, Ilham, and M. A. S. (2018). Diskriminasi dan Kesehatan (pp. 1–19).
Eleanora, F. N. (2018). Ramah Anak Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Dan Diskriminasi. Jurnal Hukum PRIORIS, 6(3), 247–266. https://doi.org/10.25105/prio.v6i3.3179
Karmila, K., Fauziah, N., Safira, E., Atdeni Sadikin, M. N., & Wardhana, K. E. (2021). Diskriminasi Pendidikan di Indonesia. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(3), 191–203. https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.128
Oktavia, L. S., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar : Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1823–1828.
Saludung, Z. R., Juanda, & Hajrah. (2019). Diskriminasi Mayoritas Terhadap Minoritas dalam Novel Kedai 1001 Mimpi Karya Valiant Budi Tinjauan Sosiologi Sastra (Teori Diskriminasi Pettigrew). Jurnal Universitas Negeri Makasssar, 1–21. http://eprints.unm.ac.id/15201/
Saputra, A., Sukadana, W., Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Udayana, U. (2014). E-Jurnal EP Unud, 7 [5] : 868-895 DISKRIMINASI ANTARA ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN: STUDI KASUS PADA PENGELUARAN RUMAH TANGGA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN DATA IFLS. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 7(5), 868–895.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsanabilaainun, Arin Khairunnisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.